Kolom Sosial Politik

Vista Edisi Juni 1985: Hastomo Arbi Menumbangkan Han Jian Raksasa dari China

55views

 

Oleh Kin Sanubary

Hastomo Arbi mengalahkan Han Jian, Meriam Bellina memenangkan Piala Citra dan Connie Constantia menjadi wajah baru yang bersinar, mewarnai berita hiburan Majalah Vista terbitan Juni 1985. Dari negeri manca, Tanya Robert memerani Sheena Queen of The Jungle sedangkan aktris Natasya Kinsky meninggalkan bayinya yang masih 6 bulan demi syuting bersama aktor kawakan Al Pacino

Majalah Vista terbitan Juni 1985  tampil dengan cover story pebulu tangkis nasional Hastomo Harbi. Pemain bulu tangkis muda kelahiran Kudus 5 Agustus 1958. Arbi sangat berjasa dalam merebut kembali Piala Thomas tahun 1984, setelah menumbangkan Han Jian, si “Raksasa dari China”.

Tim Indonesia menang 3-2 atas RRC di babak final dan merebut kembali Piala Thomas setelah sebelumnya dalam perebutan Piala Thomas tahun 1982 Indonesia dikalahkan oleh China 4-5 di London, Inggris.

Aktris cantik yang dijuluki “Magma Perfilman Indonesia” Meriam Bellina meraih Piala Citra di Festival Film Indonesia, FFI 1984 untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam film Cinta Dibalik Noda

Meriam Bellina kemudian membintangi film berjudul Dia Yang Tercinta, disutradarai oleh Yopie Burnama dan diproduksi oleh Parkit Films, bertemakan percintaan. Skenario ditulis oleh Tatiek Maliyati WS dan didukung oleh artis-artis terkenal, seperti Rico Tampaty, Frans Tumbuan, Dolly Marten ada juga Ully Artha , Yenny Farida dan Lina Budiarti .

Bintang film dan penyanyi berdarah Aceh dan Minangkabau Astri Ivo menginjak usia 21 tahun. Dia putri dari Ivo Nilakresna seorang penyanyi ternama Indonesia. Astri Ivo lahir di Jakarta, 21 September 1964 dan menempuh pendidikan di Universitas Trisakti Jakarta jurusan Pariwisata dan Perhotelan.

Sejak masa kanak-kanak Astri sudah berbakat menyanyi dan bermain film. Film-film yang pernah dibintanginya, antara lain: Samiun & Dasima (1970) Kasih Tak Terputuskan (1971) Titienku Sayang (1972) Jauh Dimata (1973) Susana (1974) Suster Maria (1974) Ratapan Si Miskin (1974).

Connie Constantia penyanyi pendatang baru yang cemerlang dengan suara vibra dan vokal mirip penyanyi Emilia Contessa. Album kaset perdananya berjudul Ingin Menyambung Hidup karya musisi senior A. Riyanto dan musiknya digarap oleh Leidit Usman sebagai musisi penemu bakat Connie Constantia. Album perdana Connie Constantia ini direkam oleh DS Records.

Dari mancanagara menampilkan beberapa profil para pesohor di dunia hiburan terutama film dan musik.

Dari Amerika Serikat, Michael Jackson membuat film produksi sendiri yang berjudul Streetdandy. Film ini merupakan film kerjasama hasil produksi patungan dengan David Geffen seorang produser rekaman ternama. Keduanya sepakat untuk bekerja sama untuk sebuah proyek pembuatan film. Sebelumnya keduanya mengadakan pertemuan di London, Inggris.

Di Hollywood aktor laga Sylvester Stallone bercerai dengan istrinya yang bernama Shasha, yang telah menjadi istrinya selama 8 tahun. Stallone menikah lagi dengan wanita pilihan hatinya yaitu Marry Hart , seorang bintang televisi. Hubungan percintaan keduanya sudah terjalin lama. Kedua pasangan tersebut sepakat untuk menikah pada bulan Agustus 1985.

Pada tahun 1985, Tanya Roberts menjadi model dan artis film yang naik daun. Setelah gagal menjadi bidadari dalam serial TV Charlie’s Angels ternyata Tanya mendapatkan kesuksesan bermain film di layar lebar dan mendapatkan pemeran utama dalam film Sheena Queen of The Jungle.  Dalam film ini Tanya Roberts berhasil menarik perhatian penonton karena mengeluarkan kemampuan aktingnya yang cukup menantang, sebagai bidadari dari rimba. Mirip kisah Tarzan Si Raja Hutan. Tanya Roberts juga membintangi film James Bond 007 yang berjudul “A View to A Kill

Aktris jelita Natasha Kinski dikabarkan bermain dalam film The Revolution dan berduet dengan aktor terkenal yaitu Al Pacino, arahab sutradara ternama Hugh Hudson. Natasha Kinski baru saja melahirkan seorang anak laki-laki yang berusia 6 bulan dan terpaksa ditinggalkannya untuk syuting film itu.

Majalah Vista edisi Juni 1985 juga memuat liputan dari Festival Rock se-Indonesia 1985 . Ini merupakan festival yang dilaksanakan oleh promotor musik yang gigih mengembangkan dan mempertahankan kelangsungan hidup musik rock di bumi Nusantara yaitu Log Zhelebour dari Surabaya.

Log Zhelebour kali ini membawa bendera Sari Enterprises untuk menata kegiatan dan mengelola festival musik rock yang diselenggarakannya. Dan sudah diduga sebelumnya oleh pengamat musik rock bahwa yang bakal keluar sebagai pemenang Festival Rock ini yaitu top band dari Jawa Timur yaitu El Pamas pimpinan Antony de Pamas band rock dari Pandaan, yang berhasil meraih posisi pertama menyisihkan 31 band yang menjadi saingannya.

Penyelenggaraan festival band rock se Indonesia ini mendapatkan kesuksesan hanya ada sedikit huru-hara yang terjadi di GOR Pulosari Malang yaitu gedung tak mampu menampung luapan ribuan penonton dan penggemar rock yang melabrak masuk GOR Pulosari. Yang menarik untuk dicatat yaitu 2 rocker wanita, Sylvia Saartje dan Nicky Astria mendapat simpati da sambutan hangat dari pecinta musik rock di Malang dan Surabaya yang menjadi tempat penyelenggaraan Festival Rock 1985.

Penyelenggaraan Festival Rock se-Indonesia berlangsung di Gelora 10 November Surabaya dan GOR Pulosari Malang.

THE BEST 1985 ~ Majalah Vista juga memberitakan beberapa musisi dan grup band terbaik yang menjadi pilihan pemirsa se-dunia.~ Top Album: 1984 – Van Halen (Warner Bros) • Out of The Cellar-Ratt (Atlantic) • Born in USA–Bruce Springteen & The Street Band (Columbia) ~Top Group : • Van Halen • Motley Crue • Ratt ~Vokalis Pria Terbaik : • David Lee Roth • Vince Neil • Bruce Springteen ~ Vokalis Wanita Terbaik : • Pat Benatar • Lita Ford • Cyndi Lauper. *   

* Kin Sanubary, kolektor, pendiri dan pengelola Rumah Media Lawas, aktivis pertunjukan seni budaya  musik dan film, bermukim di Tanjungwangi, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Leave a Response