Nasional

PP GPMB Galang Sinergi dan Inovasi di Rapat Kerja 2024 untuk Meningkatkan Minat Baca Indonesia

2024 di Ruang Theater Perpusnas RI, Salemba Raya, Jakarta Pusat.

2.1kviews

JAKARTA, BANDUNGPOS – Pengurus Pusat Gerakan Pembudayaan Minat Baca (PP GPMB) Nasional Periode 2023-2027 sukses menggelar Rapat Kerja (Raker) Tahun 2024 yang berlangsung pada  Sabtu, 25 Mei 2024 di Ruang Theater Perpusnas RI, Salemba Raya, Jakarta Pusat. Acara ini dilaksanakan secara hybrid, dengan 34 pengurus hadir secara offline dan 15 pengurus lainnya mengikuti melalui Zoom meeting.

Sekretaris Jenderal GPMB, Nuradi Indrawijaya, yang memaparkan kinerja organisasi selama satu tahun terakhir serta capaian yang telah diraih. Dalam laporannya, Nuradi menekankan pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam meningkatkan minat baca di masyarakat Indonesia.

Sedangkan Ketua Umum PP GPMB Nasional, Herlina Mustikasari, M.A., Ph.D., dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus atas dedikasi dan kerja keras mereka. Ia juga menekankan pentingnya keberlanjutan program-program literasi yang telah berjalan serta mengajak seluruh pengurus untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam menghadapi tantangan literasi di era digital.

Pembina GPMB yang sekaligus Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca, membuka Raker secara resmi. Dalam kesempatan itu, beliau menekankan pentingnya sinergi antara GPMB dan berbagai pemangku kepentingan, termasuk perpustakaan, sekolah, komunitas, dan pemerintah, untuk menciptakan ekosistem literasi yang berkelanjutan dan inklusif.

Dilanjutkan dengan Diskusi Adhoc Rancangan Program untuk masing-masing bidang. diskusi pertama dipimpin oleh M. Kh. Rachman Ridhatullah, S.Sos., M.Si. untuk Bidang 1, diikuti diskusi Adhoc Rancangan Program Bidang- 2 yang dipimpin oleh Dr. Ir. Adiyati Fathu Roshonah, M.Pd., serta diskusi Adhoc Rancangan Program Bidang 3 oleh Dr. Dani Akhyar, S.T., M.Si. Raker diakhiri dengan sidang pleno dan penetapan Program Keseluruhan yang dipimpin oleh Ketua Umum PP GPMB Nasional, Herlina Mustikasari, M.A., Ph.D.

Pleno  mencakup beberapa poin penting diantaranya gerakan pembudayaan minat baca sebagai mitra strategis Perpusnas. Merevisi dan menerbitkan SOP (Juknis) Kepengurusan GPMB dari setiap bidang. Juknis yang menjabarkan AD/ART.  Menguatkan program-program Perpusnas yang berkaitan dengan literasi. Program jangka pendek, menengah, dan panjang. Langkah kecil harus dilakukan, membuat langkah-langkah konkrit.

GPMB memberikan nilai lebih dalam mendukung literasi di masyarakat. Pelibatan dan koordinasi kegiatan kampus. GPMB melakukan audiensi ke Dinas Perpustakaan untuk mensinergikan program. GPMB terlibat aktif dalam kegiatan grand atau hibah yang berasal dari pemerintah, baik dari kementerian ataupun kelembagaan terkait. Program harus sesuai dengan nomenklatur GPMB yang sudah disepakati dalam AD/ART. Menginisiasi gerakan membaca secara masif baik berupa kegiatan seremonial maupun gerakan yang ditumbuhkan di masyarakat melalui inisiatif GPMB (klub-klub baca). Branding GPMB dengan membuat konten.

GPMB senantiasa melakukan koordinasi dan kolaborasi bersama forum atau lembaga yang bergerak dalam bidang literasi. Perumusan program kerja dan melakukan prioritas program. Pemanfaatan media massa dan media sosial (YouTube, Instagram, TikTok). . Aktif melakukan karya tulis baik buku maupun karya jurnalistik bagi pengurus GPMB. Membuat kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi GPMB. Partisipasi dalam event kegiatan yang sejalan dengan literasi. Pemanfaatan website gpmbnasional.id dan majalah MAOS.

Menghasilkan buku, mengadakan pelatihan/bimtek, atau sharing session dengan para penulis. Menyusun timeline program 2024 masing-masing bidang (koordinasi dengan pemerintah, lembaga, swasta, dunia usaha/dunia industri, Dirjen Perguruan Tinggi). Melaksanakan koordinasi konten dari PP dan PD sehingga dapat melakukan fungsi pemeliharaan admin yang ada. Memperkuat database kepengurusan dan anggota PP dan PD GPMB dengan membuat link dengan website GPMB, serta membuat peta simpul-simpul kepengurusan GPMB Nasional. (RM/BNN)

 

 

 

Leave a Response