Oleh Clarissa Nadya Salshadilla
Ketika kita mendengar istilah Revolusi Industri 4.0 sebuah era yang dikenal dengan nama disruptive teknologi, maka siapa pun yang tidak cepat tanggap mempelajari teknologi perlahan akan tertinggal dengan teknologi yang lebih baru dan maju.
Kehadiran berbagai platform digital dan perekonomian daring, telah mengubah dengan cepat perilaku konsumen dan strategi pemasaran yang makin masif. Transformasi digital disebut-sebut sebagai masa depan ekonomi dan bisnis. Saat ini, yang namanya konsumen tidak lagi harus datang ke mal atau toko untuk memperoleh barang yang dibutuhkan.
Pertama, akses pasar yang lebih luas melalui platform e-commerce dan media sosial memungkinkan UMKM menjangkau konsumen di seluruh dunia. Selama satu dekade terakhir, Kementerian Komunikasi dan Digital mendorong pelaku UMKM untuk menerapkan digitalisasi untuk meningkatkan kapasitas dan jangkauan distribusi.
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komindigi, Hokky Situngkir menjelaskan digitalisasi UMKM merupakan langkah krusial untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional. Dengan 26 persen pelaku UMKM yang sudah beralih ke platform digital, masih banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk memperkuat ekonomi nasional.
Pertumbuhan UMKM dalam era digital ini eksponensial. Namun, baru 26 persen dari 64 juta UMKM yang telah beralih ke platform digital. Potensi ini harus terus kita optimalkan, tuturnya dalam Talkshow Temu Bisnis Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Tahap VIII di ICE BSD Tangerang, Banten, Selasa (17/09/2024).
Digitalisasi membawa berbagai keuntungan, terutama dalam hal ekspansi pasar. Bahkan, digitalisasi mampu mengoptimalkan efisiensi operasional UMKM melalui manajemen rantai pasok yang lebih baik.
Dengan demikian, transformasi ekonomi digital bukan hanya menjadi suatu keharusan, tetapi juga sebuah peluang besar bagi UMKM untuk meraih kesuksesandi era yang semakin digital ini. Dengan komitmen untuk terus belajar, berinovasi, dan beradaptasi dengan perubahan, UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital sebagai alat untuk mengembangkan bisnis mereka dan meningkatkan daya saing di pasar global.
Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan sektor swasta, sangat penting dalam memastikan kesuksesan transformasi ekonomi digital bagi UMKM.
Mari kita bersama-sama menjadikan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi digital yang kuat dan berkelanjutan, sehingga mereka dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang berarti bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.*
* Clarissa Nadya Salshadilla, peminat masalah sosial ekonomi, mahasiswa Prodi Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Kota Bandung, Jawa Barat.