Kolom Sosial Politik

Gubernur BUNDERAN CIBIRU

35views

 

Oleh Ridhazia

BUNDARAN Cibiru Bandung telah menjadi “ikon” kota Bandung. Inilah kawasan di Kota Bandung sebelah Timur yang kerap menjadi simpul lalu lintas yang memacetkan.

Meski sudah terjadi puluhan tahun, hingga sekarang tidak pernah ada solusi yang kongkret menanganinya. Padahal publik pernah dikabari bahwa Pemkot Bandung akan menyegerakan merespons keluhan publik.

Bahkan gambar rencana revitalisasi kawasan itu sudah diekspose. Dalam gambar tampak ada underpass yang bakal memotong arus masuk dan keluar kendaraan dari dan ke Bandung arah by-pass Soekarno- Hatta.

Tapi, wacana itu pun tenggelam saat bersamaan Walikota Bandung Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jawa Barat dan digantikan Walikota Bandung Oded M. Daniel.

Belakangan, kembali ada wacana baru. Katanya, bunderan Cibiru bakal dirancang mewah, karena menjadi pintu masuk Kota Bandung di daerah Timur. Selain akan dibangun underpass untuk memotong jalur macet, sekaligus sebagai alternatif dari strategi manajemen rekayasa lalu lintas.

Patung BJ Habibie

Juga katanya nanti akan dilengkapi patung mantan presiden BJ Habibie dengan pesawat terbangnya.

Dalam logika anggaran, penambahan patung yang dibuat khusus pematung Nyoman Nuarte itu tidak urgen. Justru akan menambah pembiayaan revitalisasi bunderan.

Padahal pembangunan Bundaran Cibiru diperkirakan bakal menghabiskan lebih Rp200 miliar.

Rencananya underpass Cibiru akan memiliki panjang total 910 meter, dengan bagian terowongan sepanjang 118 meter.

Bagian terbuka di sisi kiri 58 meter dan sisi kanan 466 meter. Sedangkan konstruksinya bantuan dari provinsi.

Nah, siapa gubernur Bunderan Cibiru?*

   * Ridhazia, dosen senior Fidkom UIN Sunan Gunung Djati Kota Bandung, jurnalis dan kolumnis, pemerhati psikologi dan komunikasi sosial politik, bermukim di Vila Bumi Panyawangan, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Leave a Response