Kesehatan

Ciri-ciri Lidah Berjamur yang Harus Anda Waspadai

137views

Oleh: dr. Nadia Octavia –

DI dunia kedokteran, jamur pada lidah dan rongga mulut dikenal sebagai kandidiasis oral. Kondisi ini disebabkan oleh jamur Candida albicans yang menumpuk pada rongga mulut. Candida merupakan flora normal di dalam rongga mulut. Lidah berjamur dapat dialami oleh semua kalangan usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Namun, kondisi ini sering terjadi pada bayi dan lansia karena sistem kekebalan tubuh yang rendah. Selain itu, pada orang yang memiliki penyakit tertentu atau minum obat tertentu rentan untuk mengalami lidah berjamur.

Sering kali jamur pada lidah tidak disadari keberadaannya, sehingga kamu perlu waspada. Kenali ciri-ciri lidah berjamur di bawah ini.

Terdapat beberapa tanda jamur pada lidah yang bisa Anda kenali. Berikut ini ciri-ciri lidah berjamur pada orang dewasa:

  • Bercak keputihan pada lidah, langit-langit mulut, tenggorokan, dan pipi bagian dalam
  • Kemerahan atau nyeri pada mulut
  • Mulut terasa seperti “kapas”
  • Hilangnya rasa pengecap
  • Nyeri saat mengunyah atau menelan
  • Kulit pada sudut bibir retak-retak

Ciri-ciri lidah berjamur pada anak-anak sebetulnya sama dengan orang dewasa. Namun, pada anak-anak yang lebih kecil dan belum bisa berkomunikasi, orangtua perlu memperhatikan adanya bercak putih seperti keju yang menempel pada lidah, pipi bagian dalam, bibir, gusi, dan langit-langit mulut. Bercak ini biasanya tidak hilang dengan dibasuh saja. Jika dicabut secara paksa, dapat meninggalkan bekas peradangan yang mudah berdarah.

Jika jamur pada lidah menyebabkan iritasi hingga radang, anak-anak biasanya tidak mau makan karena nyeri saat mengunyah makanan. Selain itu, anak-anak akan lebih sering mengences. Pada bayi yang memiliki jamur di lidah, maka bisa menularkan ke ibu yang menyusui dan menyebabkan infeksi pada area payudara. Gejala yang dapat terjadi saat payudara terinfeksi jamur meliputi:

  • Puting payudara kemerahan, pecah-pecah, gatal, dan menjadi sensitif
  • Area sekitar puting payudara menjadi mengilap atau lebih gelap
  • Nyeri pada puting payudara terutama saat sedang menyusui
  • Nyeri seperti tertusuk-tusuk pada bagian tengah payudara

Lalu, Apa Beda Jamur pada Lidah dengan Sariawan Biasa?

Karena diakibatkan oleh jamur dan terjadi pada bagian rongga mulut, penyakit ini membutuhkan pengobatan khusus berupa obat antijamur yang diminum. Berbeda halnya dengan infeksi jamur pada kulit yang bisa diobati dengan krim antijamur yang mengandung clotrimazole. Selain itu, jamur pada lidah berbeda dengan sariawan biasa yang umumnya cukup responsif dengan penggunaan obat antiradang. Bila keliru menanganinya, obat antiradang yang umumnya berisi steroid ini malah akan membuat jamur pada lidah makin tumbuh subur.

Ingat, jamur pada lidah dan rongga mulut biasanya tidak tumbuh pada sembarang orang. Risiko jamur pada lidah meningkat pada orang-orang dengan kondisi khusus, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk mencegah jamur tumbuh pada lidah dan rongga mulut, jagalah selalu kebersihan rongga mulut. Sikat gigi secara teratur dan lakukan kunjungan ke dokter gigi secara rutin, baik ketika ada atau tidak ada masalah gigi. Hindari juga kebiasaan merokok, dan apabila ada kondisi medis tertentu seperti diabetes, pastikan diabetes tersebut tertangani dengan baik.

Jika Anda menjumpai adanya bercak putih di dalam mulut, segeralah konsultasikan ke dokter. Lidah berjamur jarang terjadi pada remaja atau orang dewasa yang sehat. Oleh karena itu, jika menemukan adanya jamur pada lidah, dibutuhkan evaluasi lebih lanjut mengenai kemungkinan kondisi medis lain yang mendasari.**(Sumber: KlikDokter/bnn/jit)

 

 

Leave a Response