METRO BANDUNG, bandungpos.id – Dalam rangka membekali para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar lebih kompetitif, Rabu Ngelmu kembali mengadakan sosialisasi dengan tema “Peluang Market Place untuk Meningkatkan Omzet UMKM.” Acara ini berlangsung pada Rabu, (23/10), di Dekranasda Jabar, Jalan Ir. H. Djuanda, Bandung.
Acara ini merupakan inisiatif dari Dinas Industri dan Perdagangan Jawa Barat serta Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat, berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat (Dekranasda Jabar). Terkait audiens yang terlibat, acara ini dihadiri oleh sekitar 50 pelaku UMKM di Kota Bandung. Selain itu, acara ini juga mengundang beberapa pembicara, diantaranya Anggi Pithaloka (Owner Suka Sukabun), Teh Dina (Pempek Jeol), dan Nuke Zoraya (Kitapreneur.id).
Mengenai pelaksanaan acara, Nuke Zoraya, yang juga menjabat sebagai Pengurus Daya Saing Produk Dekranasda Jabar, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin yang diadakan setiap hari Rabu.
“Acara ini rutin dilaksanakan setiap hari Rabu yang tujuannya untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang relevan kepada pelaku UMKM mengenai peluang dan strategi dalam memanfaatkan market place. Adapun sekarang, acara ini sudah memasuki tahun yang ketiga,” tutur Nuke.
Terkait konten yang ditawarkan, ia menjelaskan bahwa masih banyak UMKM yang belum menyentuh digitalisasi. “Untuk konten hari ini, kami ingin menyampaikan persoalan terkait digitalisasi. Karena masih banyak (pelaku UMKM) yang gagap teknologi. Dengan melalui digitalisasi tentu akan memperluas jangkauan pasar mereka. Maka dari itu, penting bagi mereka untuk memahami cara menggunakan platform online agar dapat meningkatkan penjualan dan daya saing produk mereka,” jelasnya.
Dengan demikian, acara ini menjadi ruang bagi para pelaku UMKM untuk menambah wawasan serta memperluas jaringan pemasarannya. Sehingga diharapkan UMKM dapat bersaing secara efektif dalam pasar yang semakin berorientasi digital.(dimas/bnn)