Bandung RayaKampusiana

Melalui ‘Writing Academic Workshop 2024’ Diharapkan Mahasiswa Mampu Menulis di Jurnal Internasional

39views

METRO BANDUNG, bandungpos.id –  Dalam rangka mendukung peningkatan keterampilan mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah di tingkat internasional Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Luar Negeri Universitas Islam Bandung (PKM-LN Unisba) menggelar acara Academic Writing Workshop bertema “Crafting Academic Achievement A Comprehensive Approach to Elevating Academic Writing Proficiency 2024”. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Universitas Islam Bandung dengan The AID Academy Malaysia.

Melalui program Academic Writing Workshop yang diinisiasi  para dosen dari Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unisba ini, mahasiswa mendapat berbagai keterampilan di bidang penulisan karya tulis ilmiah, terutama agar karya tulisnya dapat dimuat di  jurnal ilmiah.

Keterampilan yang dikembangkan pada pertemuan yang berlangsung Rabu (24/4) secara online ini adalah Writing Scientific Articles, Writing Citations and Bibliography dan Presentation Techniques. Materi pertama tentang Writing Scientific Articles disampaikan oleh Dr. Siti Suriani Binti Othman, Dosen Universiti Sains Islam Malaysia. Pada pemaparan ini, Dr. Siti menyampaikan  bagaimana menulis karya ilmiah akademis yang baik, dimulai dari penyusunan pendahuluan, isi, dan penutup.

Materi kedua disampaikan  Dr. Ferry Darmawan, M.Ds., Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung tentang Writing Citations and Bibliography. Pemaparan yang kedua ini terkait dengan bagaimana menulis referensi serta cara mengutip yang sesuai aturan. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh para peserta dijelaskan dan disimulasikan Ferry pada pertemuan ini.

Untuk melengkapi keterampilan mahasiswa, selain keterampilan menulis, diperlukan juga keterampilan  melakukan presentasi hasil penelitian yang dituangkan dalam karya tulis ilmiah tersebut. Pada kesempatan ini, materi ketiga tentang Presentation Techniques disampaikan oleh Prof. Dr. Neni Yulianita, M.S., Guru Besar Fikom Unisba, dengan sambutan antusias dari para peserta.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata para dosen untuk memberikan kontribusinya dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa membuat artikel ilmiah yang layak dipublikasikan pada jurnal ilmiah. Mempublikasikan artikel ilmiah merupakan salah satu luaran mahasiswa yang diwajibkan  beberapa perguruan tinggi, khususnya mahasiswa S2 dan S3. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan motivasi serta inspirasi dan ilmu baru bagi para peserta yang terdiri atas mahasiswa S1, S2, dan S3.

Acara Writing Academic Workshop ini dengan sambutan hangat dari Ketua Tim PKM-LN Unisba, yaitu Dr. Tresna Wiwitan, M.Si. selaku Penanggung Jawab Acara. Dari kegiatan ini ia menegaskan pentingnya memiliki keterampilan menulis karya ilmiah bagi mahasiswa.

“Kami berharap melalui kegiatan ini para peserta tidak hanya belajar tentang teknik menulis karya ilmiah saja tetapi juga memahami pentingnya menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas sebagai portofolio dan kontribusi mahasiswa dalam bidang akademis,” ujar Tresna Wiwitan.

Melalui kerjasama antara Unisba dengan The AID Academy ini, diharapkan mahasiswa dapat menyusun artikel ilmiah yang sesuai dengan ketentuan dan dapat dipublikasi dalam jurnal ilmiah internasional. Kegiatan workshop ini  ditindaklanjuti dengan diselenggarakannya kegiatan International Conference on Communication Studies, New on Media & Social Sciences (ICCSNS) 2024 pada  30 Mei 2024 mendatang. Acara ini akan diselenggarakan secara hybrid, online melalui zoom meeting dan offline di Library Universiti Sains Islam Malaysia, Negeri Sembilan, Malaysia.(ask/bnn)

Leave a Response