Kesehatan

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

42views

JENGKOL banyak digemari, karena rasanya yang nikmat. Namun, sebagian orang ragu untuk mengonsumsinya, karena jengkol dapat meninggalkan aroma tidak sedap di mulut. Jengkol dapat menyebabkan bau mulut, karena adanya kandungan asam amino sistein yang mengandung belerang. Jika bau mulut tersebut membuat Anda kehilangan kepercayaan diri ketika bertemu orang lain, tidak perlu khawatir karena ada beragam cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang ampuh. Cara ini bisa diterapkan langsung begitu Anda selesai menyantap jengkol, sehingga bau mulut dapat segera hilang.

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan mudah:

  1. Sikat gigi

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang pertama adalah dengan menyikat gigi setelah makan. Dengan menyikat gigi, selain bisa mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi, bau jengkol di mulut pun bisa ikut menghilang. Supaya bau mulut bisa terasa lebih segar, Anda bisa memilih pasta gigi yang mengandung daun mint atau sereh.

  1. Gunakan obat kumur

Untuk melengkapi perawatan gigi dan mulut harian sekaligus mampu menghilangkan bau mulut, termasuk bau jengkol, Anda bisa menggunakan obat kumur. Onat kumur juga bisa membantu melepaskan sisa-sisa partikel makanan yang masih terselip di gigi Anda. Supaya bau jengkol hilang dan digantikan bau segar, Anda dapat menggunakan berbagai obat kumur beraroma apa saja, seperti mint, citrus, ataupun lemon. Namun, pilihlah obat kumur yang bebas alkohol agar mulut tidak menjadi kering.

  1. Bersihkan lidah

Selain di sela-sela gigi, sisa jengkol juga bisa tertinggal di lidah. Jika dibiarkan, sisa-sisa makanan ini berpotensi menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, setelah makan jengkol, Anda disarankan untuk segera membersihkan lidah. Anda dapat membersihkan lidah dengan kerokan lidah yang banyak dijual di pasaran.

  1. Kunyah permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet tanpa gula juga dapat menjadi cara menghilangkan bau jengkol di mulut. Alasannya, mengunyah permen karet tanpa gula dapat merangsang produksi air liur, yang mana dapat membantu membersihkan partikel makanan, termasuk sisa jengkol di mulut.

  1. Minum air putih

Setelah makan jengkol, minumlah air putih dalam jumlah yang cukup. Minum air putih setelah makan bermanfaat untuk membersihkan sisa jengkol dan baunya dari mulut sekaligus membantu proses pencernaan makanan.

  1. Konsumsi buah dan sayuran

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut lainnya yang dapat Anda coba adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Tekstur buah dan sayuran yang sedikit keras dapat membantu membersihkan plak dan partikel makanan yang tersisa di mulut. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C, juga bermanfaat untuk membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

  1. Bersihkan gigi palsu dan kawat gigi

Jika Anda menggunakan gigi palsu atau kawat gigi, Anda harus memastikannya bersih setelah mengonsumsi jengkol. Partikel makanan yang menempel pada gigi palsu atau kawat gigi dapat menjadi penyebab bau mulut. Oleh karena itu, bersihkan gigi palsu dan kawat gigi Anda sesuai dengan anjuran dokter.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut. Jika Anda adalah penggemar makanan satu ini, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang bau mulut setelah mengonsumsi jengkol. Namun, jika Anda memiliki masalah terkait bau mulut yang mungkin sulit dihilangkan, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Konsultasi dengan dokter akan membantu Anda untuk mendapatkan solusi yang sesuai dengan kondisi Anda.**(Sumber: Alodokter/Tulisan sudah ditinjau oleh: dr. Merry Dame Cristy Pane/Foto: Istimewa/bnn/jit)

 

 

Leave a Response