Daerah

Wagub Jabar Apresiasi Hibar Budaya sebagai Bentuk Pelestarian Adat Sunda

174views

Kuningan, BANDUNGPOS.ID – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menghadiri Hibar Budaya dalam rangka memperingati Milangkala ke-2 Saung Kopi Hawwu di Saung Kopi Hawwu,  Kelurahan Cirendang, Kabupaten Kuningan, Minggu (25/9/2022).

Dalam sambutannya, Uu mengatakan, Pemprov Jawa Barat menaruh perhatian atas tumbuh dan berkembangnya seni dan budaya di masyarakat Jabar, yang juga merupakan investasi peradaban dan masa depan bangsa.

“Sebagai Wakil Gubernur, saya sering datang dari satu tempat ke tempat yang lain. Tetapi kalau acara Milangkala dengan niat _ngamumule Budaya Sunda dari makanan, kesenian, dan yang lainnya dipandang sangat langka. Oleh karena itu saya sangat menghargai dan mengapresiasi kegiatan yang sangat hebat ini,” katanya.

Menurut dia, orang Sunda mempunyai kepribadian yang sangat istimewa, yaitu someah, ramah, dan hade kasemah.

Masyarakat Jawa Barat mampu menerima berbagai perbedaan agama, bahasa, adat dan suku dari seluruh Indonesia, termasuk juga saling guyub untuk berkiprah dalam bidang ekonomi, politik, dan lainnya.

“Nah, ini kepribadian yang sangat bagus sekali yang harus dijaga oleh kita semua,” ujarnya.

“Hayu urang ngamumule adat istiadat Sunda, hayu urang ngamumule naon nu jadi kesenian orang Sunda, hayu urang silih hargaan (Mari kita melestarikan adat istiadat Sunda, mari kita melestarikan kesenian orang Sunda, mari kita saling menghargai),” katanya.(akn/bp)

Leave a Response