Metro Bandung

Urai Kemacetan Flyover Kircon – By Pass Segera Dibangun

265views

BANDUNG, BANDUNGPOS.ID – Kementerian PUPR segera membangun Flyover Buah Batu-Kiaracondong di Kota Bandung, Jawa Barat  untuk mengurai kemacetan lalu-lintas di wilayah Bandung bagian timur.  Hal itu terlait  telah selesai pembangunan Jalan layang (flyover) Kopo yang  sudah  beroperasi.  Sebelumnya, kualitas jalan layang (flyover) Kopo mendapat apresiasi Komisi V DPR. Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengatakan, pembangunan fisik jalan layang Kiaracondong berpeluang berjalan tahun 2024. Menurut rencana, jalan layang Kiaracondong memiliki panjang 4 km.

“Asalkan, pembebasan lahan untuk keperluan jalan layang ini sudah rampung sepenuhnya,” ucap Tedy,  ujarnya.

Pembangunan fisik  jalan layang Kiaracondong diprediksi mulai berjalan pada 2024.

Untuk jalan layang Kiaracondong, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebutkan, masih dalam proses kajian. Hal itu mencakup identifikasi status lahan.

”Keinginannya mah bisa segera (pembangunan fisik). Melihat selintas, ada lahan milik Kota Bandung cukup luas di area setempat. Artinya, pembebasan lahan tampak tidak banyak. Akan tetapi, saat ini masih dalam tahap kajian, termasuk identifikasi lahan,” ucap Yana di Balai Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Sementara ini, pembebasan lahan untuk keperluan pembangunan jalan layang Kiaracondong bakal berlaku pembagian di antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kota Bandung. Berdasarkan komitmen Pemprov Jawa Barat dengan Pemkot Bandung, 80 persen dari Pemprov Jawa Barat, 20 persen Pemkot Bandung.(rm/bp)

Leave a Response