Pendidikan

UCDC Kolaborasi dengan OK OCE Gelar Webinar dan Lokakarya Kewirausahaan 2022

Keynote Speaker Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga S Uno. Sandiaga

236views

KOTA BANDUNG, BANDUNGPOS.ID – Guna menumbuhkan ‘awareness’ tentang kewirausahaan, Unisba Career Development Center (UCDC) bekerjasama dengan OK OCE menyelenggarakan Webinar
dan Lokakarya Kewirausahaan 2022 mengusung tema “Standardisasi Pembinaan dan Muatan Pembelajaran Kewirausahaan Unisba”,dilaksanakan selama dua sesi pada Senin (15/08/2022) melalui Zoom Meeting dan Selasa (16/08/2022) di Auditorium Unisba Gedung Dekanat lt. 8.

Keynote Speaker pada kegiatan ini adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga S Uno. Sandiaga mengatakan, Indonesia akan memasuki periode Emas di tahun 2045 dengan
memperoleh bonus demografi sebesar 70 persen jumlah penduduknya berada pada usia produktif (15-64 tahun). Maka dari itu, menurutnya, diperlukan anak muda, khususnya di Unisba, untuk melakukan upscaling dalam peningkatan, reskilling untuk penguatan dan new skills dalam menambahkan kompetensi baru.

“Ini karena lapangan usaha, peluang kerja dan entrepreneuship akan bergerak secara dinamis ke depan
menuju sustainable development goals,” ujarnya.

Terkait menjadi orang sukses ia berpesan, untuk menjadi sosok yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif; berani mengambil resiko; menjalin silaturahmi dan networking; memiliki dan terus mengasah softskill; serta menerapkan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.

Dia mengungkapkan, hingga saat ini pemerintah Republik Indonesia akan terus menghadirkan program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu untuk pemulihan ekonomi dengan menerapkan rumus 3G yakni Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap Semua Potensi Online).

Sementara itu Rektor Unisba, Edi Setiadi  sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini senada dengan program pemerintah Republik Indonesia yang selalu menekankan bahwa mahasiswa itu harus dididik kewirausahaan dengan maksud tidak hanya mencari pekerjaan formal saja tapi menjadi pencetak lapangan kerja.

Rektor menambahkan, program pemerintah ini juga sangat penting karena lulusan Unisba memiliki cita-cita sebagai pekerja keras/mujahid, pemikir/mujtahid dan sebagai innovator/mujaddid. “Sebagai pekerja keras dan inovator bisa diterapkan di program kewirausahaan,” ujarnya.

“Di sinilah peran kita untuk mendidik sivitas akademika Unisba untuk berwirausaha, ilmunya harus kita pegang baru nanti kita berbicara dalam tataran praktis,” terangnya.

Pada sesi pertama, kegiatan ini diisi narasumber terdiri atas Kepala Subdirektorat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS),  Arief Abdurakhman, Direktur Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPKKA) Unversitas Airlangga (UNAIR), Elly Munadziroh,  dan Ketua Umum OK OCE, Iim Rusyamsi.

Sedangkan di hari kedua narasumber yang mengisi kegiatan ini yakni Kabag Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional (P2AI) Unisba,  Helmi Aziz,  Kaprodi Manajemen FEB Unisba, Sri Suwarsi.(ask/bp)

Leave a Response