Daerah

Tol Cigatas Akan Membelah Leles

304views

GARUT, BANDUNGPOS.ID – Pembangunan jalan tol terpanjang di Indonesia Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) dengan total panjang 206,65 km  direncanakan menghabiskan dana investasi mencapai Rp 56 triliun. Salah satu kabupaten yang bakal kena gusuran dampak pembangungan jalan tol adalah Kabupaten Garut.  Beberapa  desa yang telah ditetapkan akan terdampak  di Kecamtan Leles, diantaranya  Desa Kandangmukti, Desa Leles, Desa Cangkuang, Desa Margaluyu, dan Desa Sukarame.

Kecamatan Leuwigoong yang terdampak adalah Desa Margacinta.  Kecamatan Banyuresmi ada beberapa desa yang terdampak  diantaranya Desa Sukakarya, Desa Sukalaksana, Desa Sukamukti, Desa Sukaratu, Desa Pamekarsari, Desa Sukasenang. Kecamatan Karangpawitan  wilayah yang terdampak Desa Ngamplangsari, Desa Ngamplang, Desa Pasanggrahan, Desa Cilawu, Desa Karyamekar, Desa Dayeuhmanggung, Desa Sukatani, dan Desa Sukamaju.

Di Kabupaten Bandung yang akan terkena proyek pembebasan tol adalah Kecamatan Bojongsoang, Rancaekek, Solokanjeruk, Majalaya, Paseh, Cikancung, dan Nagreg. Perinciannya  Kecamatan Bojongsoang desa yang terkena pembebasan lahan yaitu Tegalluar sebagai titik awal STA 0+000. Kecamatan Rancaekek terdapat  tiga Desa yang terkena pembebasan, yakni Desa Tegal Sumedang, Sukamanah dan Desa Bojongloa. Di Kecamatan Majalaya beberapa desa yang akan terkena dampak jalan tol proyek nasional ini. Kecamatan Solokanjeruk melintasi antara lain Desa Rancakasumba.

Kecamatan Paseh, di daerah ini ada lima desa yang terkena pembangunan tol, yakni Desa Cijagra, Tangsimekar, Cigentur, Cipedes, dan Desa Karangtunggal. Kecamatan Cikancung yang terdampak adalah Desa Cihanyir, Desa Mandalasari,Desa Ciluluk (Rest Area), Desa Mekarlaksana, Desa Srirahayu. Demikian diungkapkan Nandang, kepada media.

Di Kabupaten Tasikmalaya pengerjaan jalan tol dibagi ke dalam dua seksi. Tahap 1 (Gedebage – Tasikmalaya) yakni Kecamatan Salawu, Cigalontang, Singaparna, dan Kecamatan Padakembang. Kecamatan Salawu jalan tol akan melewati Desa Sukahurip, Desa Neglasari. Kecamatan Cigalontang terdapat  9 Desa yang akan dilalui trase jalan tol di daerah ini, yaitu Desa Kersamaju, Desa Lengkongjaya, Desa Nanggerang, Desa Nangtang, Desa Pusparaja, Desa Sirnagalih, Desa Sukamanah, Desa Tanjungkarang dan Desa Tenjonagara. Kecamatan Padakembang hanya ada satu desa yang terlewati jalan tol yakni Desa Cilampunghilir.  Kecamatan Leuwisari juga hanya ada satu desa yang terlewati, yakni Desa Arjasari. Kecamatan Singaparna  yang akan dilintasi trase jalan tol, yakni Desa Sukaherang, Cintaraja, Cikunir, dan Desa Cikadongdong.

Sedangkan Tahap 2 (Tasikmalaya – Cilacap) yang dikerjakan setelah Tahap I selesai yakni Kecamatan Manonjaya, Kecamatan Cineam, dan Kecamatan Karangjaya.

Di Kota Tasikmalaya, daerah yang akan dilewati jalur tol ada empat kecamatan, yaitu Mangkubumi, Kawalu, Cibeureum, dan Tamansari. Kecamatan Mangkubumi  jalan tol melewati Kel. Karikil, Kel. Cigantang, Kel. Sambong Jaya. Kecamatan Kawaluyang akan terlewati  Kel. Gunung Tandala, Kel. Karang Anyar, Kel. Cilamajang, Kel. Karsamenak. Kecamatan Cibeureum yakni Kelurahan yang akan terlewati Kel. Ciherang dan Kel. Ciakar. Kecamatan Tamansari  jalan tol akan melewati Kelurahan Setia Mulya, Kel. Taman Jaya, Kel. Mulya Sari, Kel. Suka Hurip, Kel. Mugar Sari, dan Kelurahan Sumelap. (rm/bp)

 

 

Leave a Response