Kolom Sosial Politik

Tipu-Tipu Politik : DEEPFAKE!

95views

 

Oleh Ridhazia

Hoax deepfake akan menyertai pesta politik 2024. Penyebaran informasi yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) terbarukan ini bukan saja memperburuk relasi politik publik. Yakni polarisasi politik yang saling memburukkan. Juga potensial memantik permusuhan akut, dari semula di ruang maya berubah menjadi konflik horisontal di ruang nyata.

Melalui algoritma dan otomasi informasi yang dibuat bias maupun otomasi yang bersifat menipu ini telah dibuktikan melalui survei UNESCO & IPSOS (2023) lebih dari 80% bahwa disinformasi melalui ruang digital telah berdampak pada politik.

Data terbaru

Setahun menjelang pemilu data Home Security Heroes menunjukkan terdapat 95.820 video deep fake yang tersebar secara global. Teknik deepfake yang didesain sedemikian rupa dengan memanipulasi video, gambar, dan suara secara digital dan disebarluaskan sesuai dengan pesan padahal tidak pernah terjadi di dunia nyata.

Gaduh Politik

Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan munculnya video deepfake pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggunakan bahasa Mandarin. Sontak kemunculan video itu membuat gaduh politik.

Video tersebut berasal dari video pidato Presiden menggunakan bahasa Inggris, yang diunggah ke platform YouTube pada tahun 2015 yang diedit menggunakan kecerdasan buatan deepfake yang seolah-olah berpidato menggunakan bahasa Mandarin.

Apa itu DEEPFAKE?

Deepfake sebagai bagian dari teknologi komunikasi. Komunikasi memanfaatkan kecerdasan buatan yang menggunakan metode deep learning dengan algoritma Generative Adversarial Network (GAN).

Teknologi deepfake digunakan sejak 2018 ini untuk membuat foto, video, hingga audio yang mirip dengan kenyataan dan waktu yang diperlukan. Bahkan menyesuaikan dengan mimik wajah, intonasi suara, maupun raut wajah. *

*Ridhazia, dosen senior Fidkom UIN Sunan Gunung Djati, jurnalis dan kolumnis, pemerhati komunikasi sosial politik, bermukim di Vila Bumi Panyawangan, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Leave a Response