Kuliner

Tips Menggoreng Tahu Agar Tidak Hancur dan Lengket

237views

TAHU merupakan salah satu makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Dan untuk memasak tahu menjadi berbagai masakan lezat, umumnya kita akan menggoreng tahu terlebih dulu. Namun sayangnya menggoreng tahu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ketika kita tidak memakai cara tepat untuk menggoreng tahu, besar kemungkinan tahu yang digoreng akan hancur dan lengket di penggorengan. Lantas, bagaimana caranya agar tahu yang digoreng tidak hancur maupun lengket?

Mengutip dari berbagai sumber dan dari pengalaman sendiri, berikut beberapa cara yang perlu Anda perhatikan untuk menggoreng tahu agar tidak hancur maupun lengket.

Pilih Tahu dengan Kualitas Baik

Tahu yang hendak dimasak sebaiknya tahu dengan kualitas baik atau baru. Jika Anda hendak menyimpan tahu dalam waktu lama, usahakan untuk mengukus terlebih dulu tahu yang hendak disimpan. Hal ini bermanfaat membuat kualitas tahu tetap baik. Atau Anda bisa menyimpan tahu dengan merendamnya pakai air dan mengganti air tersebut secara berkala. Tahu dengan kualitas baik tidak mudah hancur atau lengket saat dimasak.

Pastikan Wajan Bersih

Cara selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kebersihan wajan atau alat penggorengan. Alat penggorengan yang bersih bisa membuat tahu goreng rendah berisiko hancur atau lengket. Hindari menggunakan wajan dengan wajan bekas menggoreng bahan makanan lain, apalagi untuk bahan makanan yang kaya bumbu sehingga lengket.

Gunakan Minyak Banyak

Usahakan untuk menggunakan minyak banyak saat menggoreng tahu. Minyak yang banyak memungkinkan tahu terendam dengan baik. Ini tak hanya membuat tahu tetap utuh saat digoreng dan juga membuat tahu matang merata.  

Masukkan Tahu Saat Minyak Benar-Benar Panas

Masukkan tahu ke dalam penggorengan saat minyaknya benar-benar panas. Menggoreng tahu di minyak yang belum panas akan membuat tahu rentan hancur dan lengket. Saat membalik tahu, sebaiknya juga tunggu hingga bagian bawah tahu benar benar kering. Biasanya tahu yang telah kering bagian bawahnya akan naik ke permukaan minyak dan memudahkamu membaliknya. Hindari membolak-balikkan tahu terlalu sering agar tidak hancur.

Gunakan Api Sedang yang Stabil

Usahakan untuk menggoreng tahu di atas api sedang dengan panas yang stabil. Hal ini akan memungkinkan tahu matang merata dan rendah berisiko hancur, lengket atau pun lembek.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggoreng tahu agar tidak hancur dan lengket. Semoga cara ini bermanfaat. Selamat mencoba dan jangan takut lagi jika tahu yang hendak Anda goreng hancur.*(Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

 

Leave a Response