Kesehatan Wanita

Tidur dengan Menggunakan Bra, Adakah Dampaknya untuk Kesehatan?

207views

ANDA pasti pernah mendengar, bahwa tidur menggunakan bra dapat menghambat pertumbuhan payudara, menyebabkan kanker payudara, atau sebaliknya saat tidur tidak menggunakan bra akan membuat payudara kendur. Pernyataan tadi tidak terbukti berdasarkan medis.

Semua dampak yang ditimbulkan tergantung pada ukuran payudara tiap orang. Tidur menggunakan bra bagi perempuan dengan ukuran payudara besar bahkan memberi manfaat mengurangi rasa nyeri karena bra dapat membatasi gerak payudara.

Tidur Menggunakan Bra Mencegah Payudara Kendur?

Melansir laman Health Line tidur dengan bra tidak membantu mencegah payudara mengendur. Seiring bertambahnya usia, payudara akan mengendur dan itu adalah hal normal. Selain usia, faktor lain yang menyebabkan payudara kendur adalah genetika, merokok, kehamilan dan menyusui, serta gravitasi. Bila ingin mengencangkan payudara, cara terbaik adalah berolahraga. Olahraga dapat melatih ligament yang menopang payudara agar tetap kencang.

Efek Samping Tidur Menggunakan Bra

(Foto: Pexels)

Tidak ada manfaat besar bila tidur menggunakan bra, begitu pula untuk efek sampingnya. Untuk menjaga kenyamanan saat tidur, gunakan bra yang tidak terlalu ketat agar kulit dapat bernapas dan tidak menimbulkan iritasi. Pilih bra dengan ukuran yang pas untuk Anda dan ganti bra secara berkala agar keringat dan kotoran yang menempel tidak menyebabkan jamur.

Tidak ada bukti yang menunjukkan dampak negatif bagi kesehatan bila tidur menggunakan bra. Memilih memakai bra atau tidak saat tidur tergantung pada preferensi masing-masing.** (Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S/Fimela.com)

Leave a Response