Bandung Raya

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Kabupaten Bandung Kembali Gelar Job Fair Online

207views

Bandung, BANDUNGPOS.ID – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker Kabupaten Bandung dalam waktu dekat kemali akan menggelar Job Fair Online yang diikuti oleh sejumlah ternama.

Penyelenggaraan job fair tersebut diharapkan bisa menekan angka pengangguran yang meningkat karena pandemi covid-19 lalu.

Dalam job fair itu nanti tersedia lowongan pekerjaan untuk sejumlah lulusan mulai dari SMK, SMA, hingga Perguruan Tinggi.

Kepala Disnaker Kabupaten Bandung, Drs. H. Uu Rukmana, M.Si., melalui Kabid Perencanaan dan Informasi Pasar Kerja, M. Zumhan, mengatakan, bagi mereka yang berminat mendaftar kerja (calon pelamar kerja) untuk mempersiapkan CV dalam bentuk PDF.

“Ini untuk mengurangi biaya, karena 1 map lamaran itu rata-rata Rp 10.000. Kalau sudah di-PDF-kan hanya satu kali bikin, simpan di HP, tinggal diupload di link yang nanti kita sediakan. Itu akan menghemat biaya dan efisiensi waktu,” ujar Zumhan saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/11).

Zumhan pun menyarankan pelamar kerja bisa membuat video profil diri, arena ada perusahaan yang meminta video profil tentang pelamar.

“Ini untuk memudahkan pihak perusahaan melakukan wawancara awal. Jadi tahu karakter si pelamar. Kita harapkan pelamar menyiapkan video profil dirinya. Durasinya tidak perlu panjang-panjang cukup 2-5 menit lah. Ini untuk memperkenalkan pelamar sendiri. Sebutkan saja nama, lulusan sekolah apa, punya keahlian apa, pernah bekerja di mana, berapa tahun dan lainnya,” ujar Zumhan.

Ia menyebutkan, ada beberapa kecamatan yang sudah diplot menyelenggarakan Jof Fair Online ini.

Selain Job Fair Online, Disnaker juga masih tetap menggelar Job Fair Ofline.

“Kemarin di Ciwidey merupakan Job Fair yang ke-8. Kita masih akan menyelenggarakan Jop Fair secara Online dalam bulan ini juga,” katanya.(akn/bp)

 

Leave a Response