Agama

Sebanyak 104 Lembaga Halal Luar Negeri Ajukan Saling Keberterimaan dengan Indonesia

169views

JAKARTA, BANDUNGPOS.ID – Salah satu bentuk kerjasama internasional JPH adalah saling pengakuan dan keberterimaan. Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) M. Aqil Irham menyampaikan, hingga saat ini terdapat 104 Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) dari 40 negara yang mengajukan kerja sama saling pengakuan dan keberterimaan dengan BPJPH.

“BPJPH telah menerima pengajuan dari 104 lembaga halal luar negeri (LHLN) dari 40 negara,” ujar Aqil Irham saat menjadi narasumber pada Talkshow dengan tema “Indonesia Maju Melalui Ketahanan, Keamanan Pangan dan Sertifikasi Halal” yang digelar APRINDO, di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

“Pengajuan yang datang, mayoritas berasal dari negara sekuler atau minoritas muslim dan agak agnostik namun antusias terhadap halal,” imbuh Aqil.

Talkshow yang digelar sebagai bagian SIALInterFood dan bertepatan dengan HUT ke-23 APRINDO, serta Hari Retail Nasional (HRN) ke-3 dihadiri ratusan pengusaha ritel dalam dan luar negeri.

Aqil juga mengimbau para pengusaha ritel untuk proaktif mensertifikasi halal produk-produknya.

“Isu halal telah menjadi gaya hidup masyarakat. Bukan lagi sebagai isu agama namun sebagai standar global,” papar Aqil.

Turut hadir sebagai narasumber Direktur Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Badan Pengawas Pangan Nasional (Bapanas) Yusra Egayanti serta Subkoordinator Pengawasan Saranan Peredaran Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nihan Saputra.

Dalam kesempatan tersebut, BPJPH juga menerima penghargaan sebagai Lembaga Mitra Kerja APRINDO. Penghargaan disampaikan Sekretaris Jenderal APRINDO Solihin kepada BPJPH, Bapanas, dan BPOM.(Tim MSIB/bp)

Leave a Response