Pendidikan

SDN-164 Karangpawulang Gelar Wisata Buku

238views

BANDUNG, BANDUNGPOS.ID –  Sebanyak 1000 siswa SDN-164 Karangpawulang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, tadi pagi memenuhi halaman sekolah dengan agenda gelar wisata buku dan mendengarkan dongeng  Kak Henny. Wisata buku yang diikuti  siswa kelas 1-6 itu menurut Kepala SDN-164 Karangpawulang, Ade Sabarudin, digelar dalam rangka jeda semeseter  dan membiasakan anak berliterasi dengan membaca buku.

Gerakan literasi  seperti membaca buku ini harus dimulai dari rumah, artinya hebid membaca  harus dimualai dari lingkungan terkecil yakni keluarga, sedangkan peran sekolah  memotivasi  seperti sekarang ini,“ kata Ade Sabarudin.

Menurut Ade, untuk memberikan semangat siswa pihak sekolah sengaja menghadirkan mobil perpustakaan keliling dari Disarpus Kota Bandung, 500 buku dengan berbagai cerita dihadirkan. Sedangkan untuk menambah suasana menjadi semakin meriah dalam event readhaton wisata buku itu pihak sekolah juga menghadirkan  Pendongeng nasional Kak Henny, sebuah kisah tentang Ikan  Cileungli yang mengharu biru dan menguras air mata pendengarnya sengaja ditampilkan untuk memotivasi  siswa agar dapat menceritakan kembali dari buku-buku yang sudah dibacanya.

Kak Henny
Kak Henny Pendongeng bersama Guru Literat SDN-164 Karang Pawulang, Bandung. Foto: R Mur

Di akhir acara, Pendongeng Kak Henny membagikan buku kisah Cileungli kepada pendengar ceritanya dan mampu  menebak requis yang diberikan. Sepanjang cerita berlangsung  60 menit, SDN-164 Karangpawulang juga menampilkan siswa yang mampu melukis dengan sempurna tokoh putri cantik dari kisah Cileungli tersebut. **(rm/bp)

 

 

Leave a Response