Gaya HidupKampusiana

SCC Fikom Unisba Gelar Pelatihan Komunikasi Pemasaran di Bisnis Kopi

1.5kviews

Bandung, BANDUNGPOS.ID – Komunikasi pemasaran dibutuhkan di semua bisnis , diantaranya di bisnis kopi yang semakin marak di berbagai daerah. Sebagai pusat kajian komunikasi terapan, Strategic Communication Centre (SCC) yang berada di bawah Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba (Universitas Islam Bandung) menggelar ‘Pelatihan Komunikasi Pemasaran di Bisnis Kopi’.

Kegiatan ini akan diadakan Rabu, 14 Desember 2022 di Student Center Unisba Jalan Tamansari 1 Bandung. Kegiatan ini menghadirkan Guru Besar Fikom Unisba Prof. Dr. Neni Yulianita, pemilik D’Gambung Coffe Denny Risnandi (alumni Fikom Unisba), dan Rachmat (praktisi kopi dan pemilik Kiarapayung Camp & Coffe).

Pelatihan ini mengusung aspek teori dari pakar komunikasi pemasaran dan praktisi bisnis kopi yang kini produknya sudah ekspor ke mancanegara. Menurut Ketua Pelaksana Dr. Anne Ratnasari, kegiatan ini sebagai wujud aplikasi keilmuan komunikasi pemasaran yang selama ini diajarkan di kampus dan harus diaplikasikan dalam bisnis sehar-hari. Ada pun pemilihan tema dikaitkan dengan bisnis kopi yang  saat ini  sedang trendi dan tumbuh pesat di mana-mana.

Sementara itu Direktur SCC Dr. Hasbiansyah menyebutkan bahwa meskipun SCC belum lama didirikan di lingkungan Fikom Unisba  kali ini merupakan kegiatan kedua, setelah sebelumnya diadakan Content Creator Workshop bagi kalangan milenial.

“Sebagai pusat kajian dan komunikasi bisnis SCC berupaya untuk sedekat mungkin bersentuhan dengan kebutuhan praktis di bisnis yang menggunakan strategi komunikasi sebagai alatnya sehingga diharapkan implikasinya keilmuan komunikasi bisnis dapat berkontribusi di tengah-tengah masyarakat, terutama di era komunikasi digital saat ini,” jelas Hasbi.

Selanjutnya Anne memaparkan bahwa kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian, yakni teori dan aplikasi komunikasi pemasaran disampaikan Neni sementara praktik meracik dan mengolah biji kopi menjadi sajian kopi dibawakan praktisinya Denny dan Rachmat.

“Yang jelas semua peserta akan mendapatkan sensasi bagaimana seni minum kopi yang selama ini tidak dirasakan karena langsung mengolah dari berbagai jenis biji kopinya dengan berbagai alat yang bisa dimiliki peserta. Juga untuk dinikmati di rumah sehingga selain bisa buat hobi juga dapat dikembangkan menjadi bisnis kopi yang menjanjikan, layaknya seorang barista. Narahubung kegiatan bisa kontak ke 085220012919,” pungkas Hasbi.(ask/bp)

Leave a Response