Kuliner

Sanggara Balanda

162views

INDONESIA memang memiliki beragam kuliner enak yang patut dikenal masyarakat luas, salah satunya adalah sanggara balanda khas suku Bugis. Olahan pisang manis gurih unik ini bisa jadi camilan enak untuk keluarga atau pun ide jualan. Cara membuatnya mungkin butuh usaha, tapi sepadan dengan hasilnya yang bikin nagih. Ini resep sanggara balanda enak yang bisa dicoba di rumah.

Bahan:

  • 10 buah pisang raja sudah matang
  • 300 gram kacang tanah
  • 200 gram gula pasir
  • 100 gram mentega margarin
  • minyak goreng secukupnya
  • keju parut secukupnya (optional)
  • karamel secukupnya (optional)

Cara membuat:

  1. Sangrai kacang tanah dengan menggunakan api kecil, aduk-aduk terus agar tidak gosong dan matangnya merata. Makan sedikit, jika kacang sudah renyah saat dimakan berarti sudah matang. Angkat dan biarkan dingin.
  2. Kupas kacang tanah hingga bersih. Jika tidak ingin repot mengupas kacang, gunakan kacang tanag kupas.
  3. Tumbuk kasar kacang tanah atau blender sebentar hingga hancur, tidak perlu sampai sangat halus agar teksturnya masih enak.
  4. Campurkan gula pasir dengan kacang tanah tumbuk, aduk rata. Masukkan mentega, aduk rata. Sisihkan.
  5. Kupas pisang raja, gosok bagian dalam kulit pisang ke permukaan pisang raja agar licin.
  6. Panaskan 2 sdm minyak dan 2 sdm margarin pada teflon antilengket. Goreng beberapa pisang sekaligus, balik jika sudah kecoklatan setiap sisi pisang. Jangan sering dibolak-balik agar tidak hancur.
  7. Selagi masih panas, belah memanjang bagian tengahnya tapi jangan sampai putus ujung-ujungnya. Lalu beri isian kacang secukupnya hingga penuh. Tidak masalah jika agak lumer.

Sajikan sanggara balanda. Bisa disajikan dengan taburan keju di atas isiannya atau jika suka yang lebih manis, sajikan dengan karamel cair (cairkan gula pasir secukupnya).**(Sumber: Fimela.com)

 

Leave a Response