Pendidikan

Rama- Shinta Hadir di Acara Launching Perpustakaan Digital-37

243views
wayang Rama & Shinta
Para Wayang Rama & Shinta pelakonya Pamong guru SDN-37 Sabang, Kota Bandung. foto : R Mur

BANDUNG, BANDUNGPOS.ID:  Drama musikal Rama & Shinta  ikut menyemarakkan launching Perpustakaan Sekolah Digital-37  bertempat di panggung SDN-37 Sabang, Kota Bandung. Menarik, karena pagelaran drama musikal yang dikemas dengan genre modern itu dimainkan oleh pamong guru SDN-37 Sabang. Hadir dalam pagelaran itu selain ratusan siswa SD, juga hadir Kadisdik Kota Bandung, Drs. H. Hikmat Ginanjar,. MSi, Kasie Pengembangan Disarpus Kota Bandung  yang  juga  Pustakawan ahli muda,  H. Dadang  Suherman, SH, Kabid PPSDS Disdik Kota Bandung, Drs. Bambang Rianto,  dan  komite sekolah.’

Kadisdik Kota Bandung, Drs. H. Hikmat Ginanjar,.MSi,  dalam kesempatan itu  mengatakan, digitalisasi termasuk perpustakaan  menjadi sebuah tuntutan jaman,  itu bagian  cara belajar  pelajar Pancasila,  belajar merdeka.  Cara belajar dengan meggunakan fasilitas  perpustakaan, termasuk e-perpustakaan, cara berlitersi numerasi. Anak akan mampu memecahkan masalah praktis  dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.

“  Ada enam dasar literasi  yang harus dikuasi, diantaranya  literasi perpustakaan , literasi teknologi, literasi media, literasi visual,  literasi dini dan literasi dasar. Semua  literasi itu saling terkait  dan berperan dalam pengembangan kompensi seseorang, “katanya.

Sementara  Kasie Pengembangan Disarpus Kota Bandung,  H. Dadang Suherman,  SH, lebih menekankan kepada pengggunaan internet sehat, sehingga hehadiran perpustakaan  digital seperti yang  dimiliki  SDN-37 Sabang ini menjadi penting,  Namun demikian Disarpus kota Bandung  siap memback up kebutuhan  buku-buku perpustakaan, baik secara manual maupun digital. Menurut Dadang lebih atas 5000 buku dapat diakses dengan mengunjungi Disarpus . Berapa sekolah seperti perguruan BPI, SDN-261 Margahyu Raya Barat adalah sekolah yang  sudah menerapkan digitalisasi perpustakaannya,  dan yang  sekarang menyiapkan perpustakaan digital yakni SDN-268 Panyileukan, Bandung  Timur.

Kepala SDN-37 Sabang Kota Bandung, Ny.Sri Hendawati, MPd, menekankan bahwa guru dan siswa  di sekolahnya  harus melek  literasi, dan SDN-37 Sabang bisa,  karena guru-gurunya energik , kreatif dan inovatif.   Perpustakaan  digital SDN-37 Sabang nantinya  harus terdepan memberi contoh bagi sekolah-sekolah  lain, baik  yang ada di Kota Bandung maupun di luar Kota Bandung.  Event peluncuran perpustakaan digital-37  dalam rangka bulan bahasa  dengan mengambil tema bangkit  bersama jendela ilmu untuk  meningkatkan gemar membaca  dan cinta buku .  Menurut  Ny, Sri, launching disempurnakan dengan redhaton e- book, dan buku manual, mendongeng  tiga bahasa, Inggris ( Arley), Indonesia  (Dyanisa)  dan Sunda (Vannesa), baca puisi oleh Akfarizkie,  musikalisasi puisi dan spesial Teachers performance. ** (rm/bp)

 

 

 

 

Leave a Response