Kesehatan

Ragam Pilihan Olahraga yang Baik untuk Penderita Mag

169views

PERUT begah, nyeri, dan perih adalah beberapa gejala yang bisa terjadi saat penyakit  mag kambuh. Anda yang punya penyakit ini mesti benar-benar memperhatikan pola makan dan gaya hidup, termasuk pilihan olahraga. Biasanya, penderita mag juga memiliki berat badan berlebih. Penurunan berat badan dinilai efektif memperbaiki gejala GERD. Maka dari itu, pilihan olahraga untuk asam lambung penting dipertimbangkan. Penderita mag juga tidak bisa sembarangan berolahraga. Gerakan-gerakan yang salah bisa meningkatkan tekanan pada perut. Akibatnya, asam lambung bisa naik dan mencetuskan gejala mag.

Guna menghindari mag kambuh karena olahraga, ini beberapa pilihan olahraga untuk penderita asam lambung:

  1. Jalan Santai

Gerakan yang terlalu cepat bisa membuat otot menegang dan menyebabkan perut mendapat banyak tekanan. Oleh karena itu, dibanding memilih olahraga lari, lebih baik lakukan jalan santai. Anda bisa berjalan santai di sekeliling halaman rumah atau taman sambil menikmati pemandangan agar stres juga bisa ikut reda. Dengan demikian, penyakit mag yang kamu alami bisa semakin dikendalikan.

  1. Yoga

Latihan pernapasan dan peregangan badan seperti yoga juga baik untuk penderita mag. Dengan meregangkan otot di sekitar perut, tekanan di dalam lambung pun akan berkurang. Yoga juga bermanfaat mengatasi stres. Sebagaimana diketahui, stres juga bisa memicu asam lambung. Mengelola stres diteliti dapat bermanfaat bagi pasien dengan gangguan pencernaan seperti mag. Guna mendapatkan manfaat paling optimal dan mencegah risiko cedera berkelanjutan, lebih baik ikuti kelas yoga yang dipimpin oleh instruktur Andal. 

  1. Berenang

Olahraga untuk penderita mag berikutnya adalah renang. Ketika berenang, semua otot pada tubuh akan bekerja. Gerakan berenang akan menghindari tekanan pada perut, sehingga risiko lonjakan asam lambung atau GERD dapat dihindari. Namun, hati-hati jika Anda langsung berenang setelah makan dengan perut yang penuh. Hal ini justru dapat meningkatkan risiko asam lambung. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu sekitar 1-2 jam setelah makan sebelum berenang. 

  1. Bersepeda

Bersepeda juga bisa menjadi pilihan olahraga untuk asam lambung, lho. Aktivitas bersepeda yang dimaksud adalah bersepeda dengan intensitas ringan-sedang. Anda bisa bersepeda ringan berkeliling taman atau menggunakan sepeda statis di gym. Bersepeda teratur dapat membantu Anda menurunkan dan menstabilkan berat badan. Ingat, berat badan yang terkontrol dapat membantu mengatasi penyakit mag. Pastikan Anda menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman saat bersepeda. Gunakan juga celana yang nyaman agar tidak menimbulkan tekanan pada perut saat bersepeda. Hindari penggunaan pakaian yang ketat. 

  1. Senam 

Senam untuk asam lambung juga sebaiknya adalah senam yang berisi gerakan ringan. Jangan pilih senam dengan intensitas tinggi, karena akan meningkatkan risiko kambuhnya asam lambung. Anda bisa melakukan senam aerobik dengan Gerakan ringan untuk mencegah timbulnya penyakit mag. Menurut Middle East Journal of Digestive Diseases, senam aerobik dapat meningkatkan kualitas hidup penderita GERD.

Itulah berbagai jenis olahraga untuk penderita asam lambung. Usahakan memilih olahraga dengan intensitas ringan-sedang yang tidak memberi tekanan berlebih pada perut, sehingga tidak memicu kambuhnya mag.*(Tamara Anastasia/KlikDokter.com)

Leave a Response