Kesehatan

Pound Fit, Olahraga Alternatif Kardio yang Menyenangkan

307views

Penulis: Siti Putri Nurmayani

SALAH satu cara menjaga kesehatan adalah rutin berolahraga. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan sesuai keinginan. Bagi penggemar yoga dan aerobik, Anda bisa mencoba pound fitness. Pound fitness merupakan jenis olahraga yang memadukan gerakan menabuh drum dengan iringan musik. Tak hanya seru untuk dicoba, olahraga yang juga dikenal dengan sebutan pound fit ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Apa Itu Pound Fitness

Pound fit adalah olahraga yang menggabungkan kardio, yoga, pilates, serta latihan conditioning dan kekuatan. Jenis olahraga ini pertama kali diciptakan oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom, mantan pemain drum di California. Kombinasi gerakan menabuh drum dengan iringan musik bisa membuat Anda lebih bersemangat dan merasa bugar.

Manfaat Pound Fitness
Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, terdapat sejumlah manfaat pound fit, mulai dari mengecilkan otot perut, meningkatkan imunitas tubuh, hingga menurunkan berat badan.
Berikut beberapa manfaat pound fit yang bisa Anda rasakan:

1. Dapat Melatih Otot Bagian Tengah
Latihan pound fitness dirancang untuk melatih seluruh tubuh, mulai dari perut hinga otot pinggul atau bokong. Olahraga ini dapat memperkuat sekaligus membentuk otot-otot yang tidak sering digunakan, sehingga tubuh menjadi lebih ramping.

2. Membakar Lemak
Pound fit juga dapat menurunkan berat badan. Latihan ini membakar lemak selama berolahraga dan setelahnya. Bahkan, menurut Forest City Fitness, pound fit selama satu jam bisa membakar hingga 900 kalori atau lebih.

3. Melatih Gerakan Conditioning
Latihan conditioning biasanya terdiri dari beberapa gerakan seperti squat jump, mountain climber, lunges, hingga burpee. Latihan tersebut dipadukan dengan gerakan menabuh drum selama pound fit. Manfaat lain yang bisa Anda rasakan adalah meningkatkan ritme, koordinasi, kecepatan, kelincahan, serta daya tahan tubuh.

4. Meningkatkan Fokus
Pound fit juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu Anda lebih berkonsentrasi. Fokus bisa membuat Anda berpikir lebih baik dan mengambil keputusan dengan bijak.

5. Meningkatkan Suasana Hati
Aerobik juga dapat membantu melawan depresi serta mengurangi risiko diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Gerakan pound fit secara keseluruhan dapat menjernihkan pikiran, meningkatkan fungsi serta kemampuan kognitif, dan membuat suasana hati Anda lebih baik sepanjang hari.

6. Membantu Pemulihan Pasien selama Terapi Fisik
Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom menciptakan gerakan pound fit saat mereka dalam kondisi tidak sehat dan sedang menjalani terapi. Keduanya percaya, bahwa olahraga ini dapat mempercepat pemulihan kesehatan.

7. Meningkatkan Semangat
Perpaduan antara gerakan dan iringan musik bisa memotivasi Anda untuk lebih rajin berolahraga. Bahkan, latihan ini dapat meningkatkan kemampuan otak dan memori, sekaligus menghilangkan stres.
Cara Melakukan Pound Fitness

(Foto: Ist)

Dikutip dari laman Pound Fit, olahraga ini membutuhkan alat pound fit yakni ripstix. Stik drum dengan bobot ringan dan dirancang khusus untuk olahraga ini. Terdapat empat gerakan dasar yang perlu dikuasai jika kamu ingin melakukan latihan ini, di antaranya:

• Set: gerakan menyerupai deep squat dengan gerakan jongkok dan pinggul yang sejajar dengan lutut. Kedua tangan memegang ripstix
• Lunges: kaki kiri yang ditekuk ke depan dan kaki kanan ditekuk ke belakang, kemudian punggung tetap tegak dan kedua tangan di angkat ke atas
• Kit: duduk dengan punggung yang tegak dengan kedua kaki yang ditekuk ke atas hingga menekan otot perut
• Thigh and Asset (T&A): tidur telentang dengan mengangkat punggung bawah dan kaki yang ditekuk

Untuk pemula, sebaiknya mengikuti kelas pound fit dengan pelatih profesional agar dapat melakukan berbagai gerakan dengan benar. Jangan lupa untuk memperhatikan pernapasan selama berolahraga. Anda juga perlu menikmati proses latihan dan irama musiknya agar olahraga terasa menyenangkan. Dan, jangan lupa tetap jaga kesehatan Anda dengan rutin berolahraga agar terhindar dari penyakit. Tak ketinggalan, Anda juga perlu menerapkan pola makan seimbang, ya! Jika mengalami gangguan kesehatan, segera berkunjung ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.**(Tulisan di atas sudah ditinjau oleh: dr. Dyah Novita/Sumber: KlikDokter.com)

Leave a Response