Kolom Sosial Politik

Politisi yang TERGUNCANG

84views

 

Oleh Ridhazia

Peralihan kekuasaan bagi politisi menjadi momen yang paling tidak menyenangkan. Membuat situasi kehidupan mengguncang. Bahkan sangat mungkin rentan tekanan karena harus mengawali kembali babak baru perubahan, terutama terkait orientasi dan dukungan politik yang diidealkan dengan kenyataan. Juga harus merogoh dompet lagi.

Psikotik

Dalam Jurnal psikologi Intelegence (2003) sejumlah peneliti menemukan fakta kalau tekanan yang berat yang dialami politisi berpeluang menjadi gangguan psikologis yang berat.

Apa yang dialami para politisi diidentifikasi sebagai PCSD — post-election stress disorder — Yakni suatu keadaan awal perubahan psikologis yang menghantui seseorang terdiam dari hiruk pikuk kehidupan sosial karena tekanan yang super berat.

Dibayang-bayangi prasangka buruk atas lawan politiknya. Juga terlalu obsesif memenangkan persaingan. Jam kerja yang tidak pasti. Beban yang tidak pernah tuntas. Dan, potensi tekanan publik sangat tinggi menjadi alasan lain mengapa politisi rentan dari gangguan psikologis PCSD. *

* Ridhazia, dosen senior Fidkom UIN Sunan Gunung Djati, jurnalis dan kolumnis, pemerhati komunikasi sosial politik, bermukim di Vila Bumi Panyawangan, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Leave a Response