Pendidikan

Pesan Kang Emil: Jangan Suka Pertengkaran, Jangan Suka Membesarkan Perbedaan

187views

SURAKARTA, BANDUNGPOS.ID – Ridwan Kamil mengajak mahasiswa dan pelajar untuk menghindari pertengkaran dan memperkuat persatuan.

“Pesan saya bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, jangan suka bertengkar. Jangan suka membesarkan perbedaan,” kata Gubernur Jawa Barat yang biasa disapa Kang Emil ini, ketika bertemu dengan perwakilan pelajar, mahasiswa, dan komunitas kepemudaan Surakarta dalam kegiatan Hari Sumpah Pemuda 2022 di Omah Sinten Heritage Hotel & Resto, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (28/10/2022).

Terkait hal itu, ia juga berharap Pemilu 2024 dapat berjalan secara kondusif dan damai. Menurutnya, siapapun pemimpinnya sudah ditentukan oleh Tuhan.

“Nah, kalau tidak suka bertengkar, insya Allah 2024 nanti kondusif. Damai. Siapa pun pemimpinnya sudah Allah tentukan. Yang penting kita ikhtiar dengan cara tidak bertengkar,” tegasnya.

Selain itu, Kang Emil mengingatkan kepada kaum muda sangat penting untuk mengasah skill  bahasa dan digital di era keterbukaan saat ini.

“Dunia makin kompetitif, kamu harus mengasah dan punya soft skill, bahasa Indonesia saja nggak cukup harus jago bahasa Inggris, dan bahasa Inggris nggak cukup. Belajar bahasa lainnya,” ujarnya.

Dalam kunjungannya itu, terkait pembangunan Kota Surakarta, Kang Emil juga mengaku senang melihat wajah-wajah pemuda Kota Surakarta yang penuh optimistis.

Dia bahkan menyebut hasil survei, Indonesia menduduki urutan teratas negara yang memiliki pemuda paling optimistis sedunia.

Menurut Emil, ekonomi Indonesia terjaga, masuk dalam negara G20. Selain itu, Indonesia juga negara paling baik hati sedunia. Skornya 68 persen. “Berikutnya, Indonesia juga jadi negara yang sumber energi berlimpah sedunia. Kesimpulannya, optimistis lah para pemuda. Kalian sedang menjemput masa depan Indonesia yang keren,” papar Kang Emil.(drd)

Leave a Response