Kesehatan

Perut Terasa Kram Saat Batuk, Mungkin Ini Alasannya

219views

BATUK adalah cara tubuh menghilangkan zat asing di dalam saluran pernapasan. Meski tak selalu menandakan kondisi kesehatan serius, batuk dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Misalnya, beberapa orang mengeluh mengalami perut sakit saat batuk. Perut yang terasa sakit atau kram saat batuk tidak selalu menjadi tanda bahaya. Hal itu dapat disebabkan oleh peningkatan tekanan pada perut.

Kendati begitu, Anda harus tetap waspada. Bila perut Anda selalu sakit saat batuk, mungkin Anda mengalami kondisi kesehatan berikut ini.

  1. Radang Usus Buntu

Radang usus buntu atau apendisitis ditandai dengan gejala khas berupa nyeri perut. Gejala lainnya yang bisa timbul adalah mual, muntah, sembelit, perut kembung, serta demam. Nyeri perut akibat radang usus buntu dapat terasa semakin parah ketika Anda batuk, bersin, atau berolahraga. Radang usus buntu kronis merupakan kondisi kesehatan yang harus segera diatasi dengan tindakan operasi. Namun jika masih ringan, masih dapat diobati dengan antibiotik.

  1. Sistitis

Jika saat batuk perut bagian bawah Anda terasa sakit, itu bisa saja merupakan gejala sistitis. Sistitis adalah satu jenis infeksi saluran kemih yang sering dialami wanita. Nyeri perut akibat sistitis dapat lebih kuat dirasakan saat sedang batuk. Gejala sistitis lainnya berupa sering buang air kecil, urine berdarah, serta warna urine keruh dan gelap. Biasanya sistitis dapat membaik selama beberapa hari. Apabila tak kunjung sembuh atau kerap kambuh, Anda mungkin mengalami sistitis interstisial. Kondisi tersebut tak hanya menyebabkan kram perut saat batuk, tetapi juga menimbulkan nyeri panggul.

  1. Divertikulitis

Divertikulitis merupakan infeksi yang ditandai dengan munculnya kantung-kantung di area usus besar. Umumnya kondisi ini dialami oleh orang-orang di atas usia 40 tahun.  Kondisi ini bisa menyebabkan perut terasa sakit saat batuk. Tak hanya itu, penderita juga dapat mengalami perut kembung, mual, muntah, diare, serta demam.

  1. Endometriosis

Adanya endometriosis dapat menjadi alasan kenapa saat batuk perut Anda terasa sakit. Endometriosis adalah kondisi ketika jaringan atau lapisan rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit di panggul dan perut bagian bawah. Rasa sakit di perut dapat muncul ketika Anda bersin atau batuk.

  1. Batu Empedu

Kondisi ini disebabkan oleh empedu, bilirubin, atau kolesterol yang mengendap dan menumpuk di kantung empedu. Gejala batu empedu yang paling khas adalah sakit perut, kembung, dan nyeri di punggung bagian atas atau bahu kanan. Batu empedu dapat menyebabkan penyakit kuning, gangguan pencernaan, sampai demam.

Rasa nyeri yang dirasakan bisa semakin parah ketika penderita batuk. Batu empedu lebih sering terjadi pada wanita.

  1. Hernia

Perut yang sakit saat batuk bisa saja disebabkan oleh hernia. Hernia merupakan kondisi keluarnya usus dari otot-otot dinding perut. Penderita hernia mungkin dapat merasakan adanya tonjolan di bagian perut atau selangkangan. Tak hanya itu, nyeri perut akibat hernia bisa menjadi semakin parah ketika batuk, bersin, berlari, mengangkat benda berat, atau buang air besar.

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal disebabkan oleh endapan zat atau mineral di dalam darah. Ketika batu ginjal melewati kandung kemih dan uretra, Anda dapat mengalami nyeri atau kram perut, terutama saat batuk atau bersin. Batu ginjal dapat dirasakan mendadak dan baru akan  membaik setelah batu dapat dikeluarkan atau batu terurai menjadi lebih kecil.

  1. Kista Ovarium

Penderita kista ovarium dapat merasakan sakit atau kram di bagian perut saat batuk. Apa itu kista ovarium? Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang berkembang di ovarium wanita. Gejala kista ovarium berupa sakit perut bagian bawah, perut kembung, dan menstruasi tidak teratur.

  1. Pankreatitis

Pankreatitis merupakan kondisi peradangan pada pankreas. Gejalanya bisa berupa sakit serta pembengkakan di perut. Orang dengan pankreatitis juga dapat mengalami kram perut saat batuk atau bersin. Pankreatitis lebih sulit dideteksi. Diagnosis didapatkan setelah melakukan berbagai pemeriksaan penunjang, misalnya ultrasonografi, pemeriksaan darah, CT scan, dan lain-lain.

  1. Otot Panggul Lemah

Kelemahan pada otot dasar panggul dapat mencetuskan rasa sakit dan ketidaknyamanan, khususnya bagi wanita. Otot panggul yang lemah ini bisa membuat perut bagian bawah terasa nyeri. Rasa nyeri dapat semakin kuat saat batuk, tertawa, bersin, dan olahraga.

Demikian beberapa kemungkinan penyebab perut sakit saat batuk, mulai dari radang usus buntu hingga hernia. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya dan mendapatkan penanganan yang tepat.*(Sumber: KlikDokter.com)

Leave a Response