Kesehatan Wanita

Penyebab Ibu Hamil Sering Merasa Ngantuk

220views

MESKI sudah tidur cukup, nyatanya ibu hamil terkadang masih sering mengantuk. Hal ini pun cukup umum terjadi. Sering mengantuk saat hamil bisa didasari oleh berbagai faktor, mulai dari efek kehamilan hingga suatu gangguan kesehatan. Kenapa ibu hamil sering mengantuk? Berikut ini beberapa kemungkinannya:

  1. Kelelahan

Wanita hamil sering mengalami kelelahan. Rasa lelah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk perkembangan janin di dalam perut. Ibu hamil bisa merasa Lelah karena harus membawa bobot berat badan yang lebih besar, sehingga energi lebih terkuras. Karena itu, istirahatlah yang cukup agar tetap punya energi yang maksimal saat beraktivitas dan tidak terus mengantuk.

  1. Insomnia

Menurut National Health Service, Inggris, kesulitan tidur di malam hari juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa ibu hamil sering mengantuk di siang hari. Jika hal ini sering terjadi, maka atasi terlebih dahulu masalah insomnia. Untuk mengatasi susah tidur saat hamil, coba gunakan bantal khusus ibu hamil yang membuat lebih nyaman saat tidur di malam hari. Aromaterapi di dalam kamar juga bisa digunakan agar lebih relaks saat tidur di malam hari. Selain itu, coba redupkan pencahayaan di dalam kamar dan pasang suhu sejuk saat ingin tidur.

  1. Gula Darah Rendah

Dokter Reza Fahlevi mengatakan, “Gula darah rendah juga bisa jadi penyebab lainnya ibu hamil sering mengantuk. Selama hamil, kebutuhan karbohidrat meningkat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika asupan karbohidrat kurang, maka ibu akan mengalami hipoglikemia,”

“Karenanya, asupan karbohidrat pada ibu hamil juga harus dimaksimalkan kebutuhannya. Tapi, jangan berlebihan karena bisa berisiko sebabkan penyakit lainnya,” lanjutnya.

  1. 4. Perut yang Terlalu Besar

 Perut yang terlalu besar juga bisa menjadi faktor lainnya ibu hamil gampang mengantuk. Perut membesar dapat membuat ibu hamil lebih sulit bernapas. Akibatnya, pasokan oksigen ke otak berkurang sehingga timbullah rasa mengantuk. Jika mengalami hal ini, maka cobalah untuk duduk sejenak, tarik napas, dan buang secara perlahan. Selain itu, minum air putih yang cukup agar tubuh lebih bugar.

  1. Anemia

Anemia juga punya gejala sering mengantuk. Karenanya, ketika ibu hamil mengalami anemia, tidak hanya sakit kepala saja yang sebenarnya dirasakan tapi juga sering mengantuk,” jelas dr. Reza. Menurut dr. Reza, anemia adalah kondisi kurang darah. Ibu hamil perlu makan makanan yang mengandung banyak zat besi guna mencegah diri dari anemia,

  1. Kurang Aktivitas Fisik

Selama kehamilan, ibu hamil juga diminta untuk tetap aktif berolahraga. Pasalnya, kurang aktif bergerak selama hamil bisa meningkatkan risiko obesitas dan menyebabkan mudah mengantuk. Tidak perlu olahraga berat, cukup jenis ringan seperti jalan santai, berenang, yoga, angkat beban ringan, dan sebagainya. Cukupi juga kebutuhan air agar tidak dehidrasi.

Untuk mengatasi sering mengantuk saat hamil, perlu diketahui dulu penyebabnya agar penanganannya tepat. Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter bila keluhan tersebut tak kunjung membaik.*(Tamara Anastasia/KlikDokter.com)

Leave a Response