Kesehatan

Penyebab Ibu Hamil Anak Down Syndrome yang Penting Diketahui

232views

DOWN syndrome merupakan kondisi di mana penderitanya mengalami kesulitan belajar, tumbuh kembangnya terhambat dan memiliki bentuk fisik yang khas. Mengenai penderita down syndrome, sejauh ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab utamanya.

Namun para ahli menduga ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko ibu hamil anak dengan kondisi down syndrome.  Mengutip dari laman parents,com, ada beberapa penyebab yang sering dikaitkan dengan kelahiran anak down syndrome. Penyebab tersebut antara lain sebagai berikut:

Hamil di Usia Tua

Ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun dikatakan lebih berisiko melahirkan bayi dengan kondisi down syndrome. Hal ini terjadi karena besar kemungkinan semakin bertambahnya usia Bunda, semakin menurun kualitas sel telurnya. Karena menurunnya kualitas sel telur, ini bisa menghambat tumbuh kembangnya bahkan sejak di dalam kandungan.

Memiliki Riwayat Melahirkan Anak Down Syndrome

Bunda yang pernah melahirkan bayi down syndrome sebelumnya, akan memiliki risiko lebih tinggi melahirkan bayi dengan kondisi down syndrome lagi. Meski sangat langka, kondisi down syndrome juga bisa diturunkan dari orangtua.

Sering Terpapar Polusi dan Zat Beracun

Ibu hamil yang sering terpapar polusi dan zat beracun juga sangat mungkin melahirkan bayi dengan kondisi down syndrome atau bayi dengan masalah kesehatan lain. Polusi bisa berupa asap rokok, asap kendaraan bermotor atau pabrik. Sedangkan zat beracun antara lain adalah pestisida, logam berat, merkuri, timbal dan limbah pabrik.

Merokok dan Konsumsi Alkohol

Ibu hamil yang merokok dan mengonsumsi alkohol juga berisiko tinggi melahirkan bayi down syndrome. Kandungan zat berbahaya dalam rokok dan alkohol bisa membuat komponen genetik atau DNA rentan rusak sehingga meningkatkan risiko bayi lahir down syndrome, bayi lahir mati atau bayi lahir dengan cacat bawaan lain.

 Kurang Gizi Selama Kehamilan

Penyebab dari down syndrome selanjutnya adalah kurang gizi selama kehamilan. Kebutuhan nutrisi yang tidak tercukupi dengan baik selama kehamilan bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan baik untuk janin maupun Bunda. Kurangnya nutrisi juga dipercaya sebagai salah satu penyebab dari risiko down syndrome atau kondisi kesehatan lain pada janin saat lahir.

Itulah beberapa penyebab yang diduga bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan kondisi down syndrome. Semoga informasi ini bermanfaat. Bagi Bunda yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan serta memiliki buah hati bayi, pastikan untuk menjaga nutrisi tubuh dengan baik setiap harinya, hindari segala pola hidup yang buruk termasuk merokok, konsumsi alkohol dan obat-obatan tertentu, hindari segala hal yang memicu radiasi baik dari zat beracun atau pun polusi.*(Penulis: Mimi Rohmitriasih/Sumber: Fimela.com/Foto: Unsplash)

Leave a Response