Kesehatan

Penyakit yang Umum Dialami Wanita Usia 50an

246views

BEBERAPA penelitian mungkin sepakat, bahwa wanita memiliki rata-rata usia hidup lebih lama daripada pria. Namun, ini bukan berarti wanita lebih sehat. Wanita usia lanjut memiliki risiko lebih besar daripada pria untuk berbagai kondisi penyakit yang cukup terkait faktor biologis mereka sebagai wanita.

Wanita usia lanjut memang juga bisa kehilangan nyawa karena kondisi yang sama dengan pria. Seperti akibat penyakit jantung, kanker, dan penyakit kardiovaskular. Namun, wanita lebih sering menghadapi berbagai kondisi kronis yang memengaruhi kehidupan sehari-hari, seperti diabetes, hipertensi, atau nyeri sendi.

Penyakit yang Umum Dialami Wanita Usia Lanjut

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sangat umum dialami oleh wanita usia lanjut:

• Penyakit Jantung. Lebih banyak wanita meninggal karena penyakit jantung daripada kondisi lainnya. Pada usia 70 tahun, wanita memiliki risiko penyakit jantung yang sama dengan pria.

• Osteoporosis. Sekitar satu dari tiga wanita berusia 75 hingga 85 tahun mengidap osteoporosis. Osteoporosis adalah suatu kondisi yang dapat terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup tulang untuk menggantikan tulang yang hilang, yang menyebabkan tulang lemah dan rapuh yang rentan patah. Wanita juga memiliki tulang yang lebih kecil daripada pria, sehingga mereka lebih mungkin mengalami pengeroposan tulang.

• Kanker. Sekitar satu dari lima wanita di atas usia 65 tahun akan mengalami gangguan penyakit yang dipengaruhi oleh beberapa jenis kanker. Kanker adalah penyebab kematian nomor dua bagi wanita lanjut usia. Sekitar setengah dari kasus kanker payudara yang baru didiagnosis terjadi pada wanita berusia di atas 60 tahun, sedangkan insiden kanker ovarium memuncak saat wanita berusia 70-an.

• Stroke. Stroke adalah penyebab kematian ketiga bagi wanita di Amerika. Center for Disease Control and Prevention memperkirakan satu dari lima wanita Amerika akan mengalami stroke. Lebih dari separuh wanita yang mengalami stroke meninggal akibat peristiwa tersebut.

• Diabetes. Sekitar satu dari sembilan wanita di Amerika Serikat mengidap diabetes. Wanita dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, kebutaan, dan depresi dibandingkan pria.

• Penyakit Alzheimer. Sekitar satu dari sembilan orang dewasa di atas usia 65 tahun mengidap penyakit Alzheimer, dan wanita dua kali lebih mungkin mengidapnya daripada pria.

• Depresi. Wanita usia lanjut dua kali lipat lebih berisiko mengalami depresi dibandingkan pria. Ada banyak pemicu depresi wanita semenjak ia masih muda, seperti depresi postpartum, ketidaksetaraan hak selama hidup yang dialami wanita, atau karena kehilangan pasangan akibat meninggal dunia.

• Arthritis. Lebih dari setengah dari semua manula di atas usia 65 tahun menderita artritis, dan wanita lebih rentan terhadapnya daripada pria.

• Obesitas. Hampir 41 persen wanita berusia antara 65 dan 74 tahun dianggap obesitas, dan ini menempatkan mereka pada risiko beberapa penyakit. Sebagian besar ini berkaitan dengan kurangnya mobilitas dan aktivitas.

Itulah beberapa penyakit yang sangat umum dialami wanita usia lanjut. Jika ibu Anda sudah mulai memasuki usia lanjut, sudah waktunya Anda untuk terus memantau kesehatannya.**(Tulisan di atas sudah ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani/Sumber: Halodoc.com)

 

Leave a Response