Pendidikan

Pengalamanku Syuting Laptop Si Unyil Trans-7

125views
MADING DIGITAL

  •           PERKENALKAN, nama saya Cendana Ratu dari kelas 6E SD Sabang. Di kesempatan ini ingin berbagi cerita tentang pengalamanku ikut syuting untuk acara Laptop Si Unyil Trans-7.  Awalnya memang tidak disengaja, kebetulan Tim Laptop Si Unyil meliput mamaku yang sedang masak di café milik mamaku.  Saat itu ada juga talent  anak anak yang syuting untuk liputan tersebut. Di situlah saya berkenalan dengan tim Laptop Si Unyil TRANS 7.  Bersama adik Maja namanya, diajak  syuting juga oleh produsernya. Ternyata seru sekali terlibat dalam proses syuting ini.  Pada Mei 2019  saya pertama kali diajak ikut Syuting Laptop Si Unyil, waktu itu  judulnya LAPTOP SI UNYIL / Penjinak Lidah Part-1 yang tayang pada tanggal 26 Juni 2019. Teman-teman bisa lihat juga di https://youtu.be/zRJGRXQfQKM.  Waktu itu saya menemani mamaku membuat “WhiteBurger”, itulah burger sehat yang rotinya menggunakan tanaman herbal Pegagan.  Seru sekali teman teman, karena tugasku hanya membantu masak dan makan. hehehe…
  •             Biasanya setelah syuting aku suka berfoto dengan Boneka Unyil dan teman -temannya, ada Meilani, ada Pak Ogah, ada Pak Raden dan lain lain. Proses dari syuting sampai siap tayang memang memakan waktu cukup lama, sehingga kadang saya baru diberi kabar oleh pihak produksi Laptop Si Unyil biasanya satu bulan kemudian  akan ditayangkannya.  Laptop Si Unyil memang tayang di siang hari, makanya saya jarang melihat karena masih waktu sekolah.  Tapi untung ada chanel Youtubenya jadi saya tetap bisa nonton, teman teman juga bisa nonton ya.
  •  Ternyata Syuting itu menghabiskan waktu cukup lama teman -teman, karena harus mengambil bagian demi bagian sendiri -sendiri.  Untuk sampai menjadi satu buah episode, nantinya tim produksi akan melakukan editing dan menggabungkan bagian bagian tersebut menjadi satu episode, belum lagi masuk ke proses penambahan suara (dubing/VO) serta desain grafis agar secara visual liputan ini menarik.
  •             Pada  kesempayan yang lain saya  dan adik saya diajak Syuting Laptop Si Unyil lagi, temannya adalah LAPTOP SI UNYIL / Buah Tropis Fantastis yang tayang pada  Senin 5 Agustus 2019.  Teman teman bisa lihat di https://youtu.be/7JRI-1EGI04. Kami membuat bola- bola dari ubi ungu yang diisi dengan selai anggur. Sama seperti pengalaman sebelumnya proses syutingnya memakan waktu cukup lama, karena pengambilan gambarnya mulai dari proses awal pengolahan makanan sampai proses plating (proses menata makanan di atas piring agar terlihat menarik) dan diakhiri dengan menikmati hidangan hasil karya kami.
  •  Mau Tahu  Cara Pembuatannya.
  •             Pertama-tama kita akan membuat selai anggurnya ya .gampang sekali loh, karena kita hanya menyiapkan anggur kemudian masukkan ke dalam blender dan hancurkan, tidak usah diberi air, karena anggur sudah mengandung banyak air.  Setelah diblender anggur dimasak dalam wajan dan tambahkan gula putih kemudian masak sampai mengental dengan menggunakan api kecil ya.  Untuk keselamatan, teman- teman bisa minta bantuan mama atau orangtua untuk menemani membuat selai ini ya. Setelah mengental, angkat selainya dan tuang kedalam mangkok dan biarkan sampai dingin.
  •             Sambil menunggu selainya  dingin kita akan membuat adonan bolabola ubi ungunya ya. Teman-teman siapkan ubi ungu, setelah dicuci bersih kukus ubi ungu tersebut.  Kukus sekitar 30 menit, setelah matang, ubi ungu dikupas lalu ditumbuk sampai halus, beri tepung terigu sedikit untuk membuat ubi itu menjadi lebih padat.  Setelah diaduk rata ambil adonan  ubi ini secukupnya, pipihkan dan beri selai anggur ditengahnya.  Kemudian bentuk bulat seperti bola, setelah itu adonan siap digoreng, dan biarkan matang sampai bola berwarna agak lebih  gelap. Bola-bola ubi unggu siap disantap ummmmm lezaaat…….
  •             Syuting kali ini terbilang cukup singkat, karena tim produksi sudah menyiapkan materi syuting lainnya di tempat lain sebelumnya. Pengalaman syuting kali  ini tidak terlalau banyak namun tetap saja seru.  Aku, adikku dan ibuku ditugaskan hanya masak dan makan,oh iya teman-teman bagian shooting kali ini aku tidak bertemu dengan teman baru, karena tim laptop si unyil hanya mengajak talent nya aku, adikku dan ibuku.  Desember 2019,   kembali saya dan adik saya diberi kesempatan lagi ikut syuting LAPTOP SI UNYIL. Kali ini ikut shooting alam  Episode LAPTOP SI UNYIL/  Ayam Prebiotik Alami Tanpa Zat Kimia yang sudah tayang  12 .  Penasaran seperti apa tayangannya? bisa dilihat di channel Youtube Laptop si unyil trans7 ya, linknya https://youtu.be/BLKJJuCyGK8. **(r mur/BP)
  •  

Leave a Response