Daerah

Pasar Baru Kadungora  Dalam Posisi FS

235views

 

            GARUT, BANDUNGPOS.ID (26/9/22) :  Pasar tradisional  Kadungora Garut   hingga sekarang masih dalam posisi FS ( fisibility Study), baru kajian saja.  Jadi jangan jadwal proyek, perencanaan saja belum, yang bisa dipastikan Pasar Kadungora baru dilakukan FS.  Sepertinya

pasar Kadungora
Muka Pasar Kadungora yang semrawut. Foto : Ist

peremajan pasar tradisional  di Garut yang segera dilaksananakan yakni Pasar Tradisional Cikajang, setelah itu baru Kadungora.

Demikian respon H. Dadang, menanggapi  Pasar Kadungora yang kumuh dan kotor (Bandungpos.id; 25/9/22), statemen H. Dadang  bersumber  CV Bumi Konsultan Garut.  “ Pembangunan peremajaan pasar tradisional Garut banyak menyisakan masalah. Misalnya pembangunan peremajaan Pasar Leles, Pasar Banyuresmi, pasar Samarang atau pasar Wanaraja, “ katanya.

Seperti diberitakan Bandungpos.id  sebelumnya, Pasar tradisional  Kadungora terletak di jalan baru  (Lingkar Timur Kadungora), Desa Kadungora, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat.  Pasar ini merupakan peralihan dari pasar lama yang terletak di Jl. Raya Bandung-Garut yang terbakar.  Sudah lebih dari 20 tahun pasar ini melayani kebutuhan masyarakat  namun kondisnya saat ini semrawut dan kumuh.

Kondisi Pasar Kadungora tidak memberikan rasa nyaman, pedagang tidak tertata rapi, bagian depan kotor dan becek ketika hujan tiba, pedagang campur, dan jauh dari indah.  Bahkan ketika tengah malam hingga subuh muncul pasar  dalam pasar,  pasar ini menempati area depan pasar hingga pinggir jalan dan peroperasi hingga pukul 06.00 WIB.

“ Pasar Subuh memang membantu masyarakat karena memiliki selisih harga, tetapi keberadaannya menambah semakin kumuh suasana Pasar Kandungora, “ kata Ny.Entin Warga Jangkurang, Leles, Garut.

Sementara Agus pedagang kelontong di Pasar Kadungora mengatakan, daya tarik pasar memang berkurang karena kondisi pasar yang memang waktunya sudah harus dipugar dan ditata ulang. Pantauan BANDUNGPOS.ID di dalam pasar tidak kalah kumuhnya, pedagang ayam dan pedagang pakaian berdekatan, pedagang beras dengan toko emas pendampingan.  Sudah waktunya Dinas Pedagangan Kabupaten Garut menata ulang dan mendesain Pasar Kadungora menjadi pasar sehat dan modern. ** (rm/bp)

 

Leave a Response