Bandung Raya

Netizen Indonesia Paling Julid, Ridwan Kamil: Damas Jadi Penengah dalam Konflik Pilpres 2024

167views

Bandung, BANDUNGPOS.ID – Organisasi Daya Mahasiswa Sunda (Damas) dapat berperan sebagai juru damai atau penengah jika terjadi konflik pada pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu dikemukakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri Milangkala ke-66 Organisasi Daya Mahasiswa Sunda (Damas) di Aula Timur Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (15/10).

“Titip Damas harus jadi penengah, pendamai, pemadam kebakaran, bukan sebaliknya,” kata Ridwan Kamil.

Menurut dia, proses demokrasi di Indonesia masih terdapat kekurangan, yaitu mudahnya masyarakat bertengkar karena perbedaan pandangan.

Bahkan, ia sebut, netizen Indonesia dinilai paling julid di media sosial.

“Demkorasi kan dari segala hal yang positif, tapi  kita masih ada kekurangan, yaitu mudah bertengkar. Dilihat dari indeks kejulidan netizen juga tertinggi,” ujarnya.

Untuk itu, masih menurutnya, peran organisasi berbasis kesundaan seperti Damas sangat diperlukan agar tercipta kondusivitas.

Ia mengajak semua elemen masyarakat menyukseskan proses demokrasi lima tahunan nanti.

“Jelang 2024 semua elemen masyarakat mari sukseskan proses demokrasi,” katanya.

Di hadapan para pengurus Damas, gubernur juga menyampaikan pencapaian pembangunan Jabar selama kurun waktu empat tahun terakhir.

Kendati begitu, ia akui, masih ada kekurangan yang harus diperbaiki, salah satunya lewat kolaborasi dengan Damas.

“Pencapaian Jabar sudah sangat baik sejauh ini, kekurangan yang ada harus kita perbaiki dengan peran organisasi termasuk Damas yang berbasis kesundaan,” katanya.(akn/bp)

Leave a Response