Kesehatatan Pria

Manfaat Pole Dance untuk Kesehatan

238views

TIDAK sedikit orang mengenal pole dance atau tari tiang sebagai tarian erotis yang hanya dilakukan di klub malam. Nyatanya, olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan hingga menyehatkan jantung. Pole dance sendiri adalah olahraga yang memadukan gerakan senam, tari, dan akrobat. Olahraga ini mengandalkan tiang sebagai tumpuan tubuh. Jika rutin dilakukan, pole dance bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan. Di bawah ini sejumlah manfaat pole dance yang perlu Anda tahu.

  1. Turunkan Berat Badan

Apakah Anda sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan? Jika ya, Anda bisa mencoba pole dance. Soalnya, olahraga satu ini bisa membakar banyak kalori, lho.

Menurut Kelly Marshall, konsultan fitness dari Nutura Checkpole dance yang dilakukan secara intens selama satu jam bisa membakar sebanyak 200-250 kalori.  Ditambahkan dr. Atika, banyaknya jumlah kalori yang dibakar saat pole dance karena olahraga ini melibatkan kerja otot dan kardiovaskular (pembuluh darah dan jantung) yang tidak ringan. “Hal ini tentu dapat membakar kalori ketika melakukannya,” kata dr. Atika.

Karena itu, pole dance bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Meskipun tari tiang dapat membantu menurunkan berat badan, Anda tetap perlu mengimbanginya dengan aktivitas olahraga lain. Selain itu, jalani pola makan sehat agar program diet jadi lebih optimal.

  1. Bantu Kuatkan Otot

Manfaat pole dance juga bisa meningkatkan kekuatan otot. Soalnya, seluruh tubuh digunakan untuk menahan beban pada tiang ketika melakukan tarian. Ya, pole dance mengharuskan Anda menggenggam tiang dengan kuat, memanjatnya, dan menahan tubuh agar tidak jatuh. Karenanya, pole dance juga bermanfaat mengencangkan otot tubuh, terutama trisep paha depan dan lengan.

  1. Melatih Kelenturan Tubuh

Pole dance dipadukan dengan gerakan senam yang mengharuskan tubuh bergerak meliuk-liuk lincah pada tiang. Manfaat pole dance untuk wanita ini bisa menambah kelenturan tubuh. Manfaat tersebut didukung pula oleh gerakan pemanasan tari tiang. Pemanasan pole dance, seperti split dan backbends bermanfaat meregangkan otot-otot tubuh. Gerakan ini juga membuat tubuh menjadi lebih fleksibel saat bergerak pada tiang pole dance. Pada gilirannya, manfaat ini bantu mencegah risiko cedera akibat tubuh kaku.

  1. Atasi Nyeri Kronis

Manfaat pole dance juga dapat membantu mengatasi nyeri kronis akibat artritis reumatoid. Hal ini karena aktivitas gerakan dan peregangan tari tiang bisa mengurangi rasa nyeri. Bahkan, Arthritis Foundation memasukkan pole dancing sebagai Latihan yang direkomendasikan untuk mengatasi kondisi peradangan jangka panjang akibat sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sendi tersebut.

  1. Redakan Stres

Selain manfaat fisik, pole dance nyatanya juga bermanfaat untuk kesehatan mental Anda, lho. Salah satu manfaat tari tiang adalah membantu meredakan stres. Soalnya, ketika melakukan pole dance, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat perasaan bahagia. Secara tidak langsung, manfaat ini mungkin bisa meredakan stres yang sedang Anda alami.

  1. Sehatkan Jantung

Manfaat pole dance setara dengan latihan intensitas tingkat sedang maupun tinggi. Saat melakukan pole dance, jantung akan berdenyut lebih kencang. Selain itu, ada banyak keringat yang keluar ketika melakukan tari tiang. Semakin sering Anda berlatih pole dance, ketahanan jantung akan meningkat.

Kondisi ini bisa bantu menyehatkan jantung Anda. Manfaat pole dance untuk kesehatan memang banyak. Namun, pastikan Anda melakukan olahraga ini di bawah pengawasan instruktur tari tiang profesional, ya! Supaya, manfaat yang diperoleh optimal dan risiko cedera akibat pole dance bisa dicegah.***(Penulis: Ayu Octavi Anjani/Referensi oleh: dr. Atika/KlikDokter.com)

Leave a Response