Kuliner

Manfaat Makan Kismis untuk Jaga Kesehatan Ibu Hamil

156views

SAAT hamil, menikmati camilan sehat dan enak menjadi salah satu upaya untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi. Kismis bisa jadi opsi tepat untuk ibu hamil yang bosan makan snack yang itu-itu saja. Kismis punya berbagai kandungan sehat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Mari simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil

Kismis kaya akan nutrisi seperti potassium, kalsium, dan fosfor. Berikut ini beberapa  manfaat makan kismis untuk kesehatan ibu hamil maupun janin yang dikandung:

  1. Mencegah Anemia

Ibu hamil rentan mengalami anemia. Kondisi ini dapat menyebabkan kepala pusing dan tubuh lemas. Salah satu cara mencegah anemia pada ibu hamil adalah makan kismis. Melansir Mom Junction, kismis mengandung zat besi dan vitamin C yang baik untuk membantu menurunkan risiko anemia. Kismis bisa dinikmati Ibu hamil secara langsung atau dicampurkan ke dalam smoothie, yoghurt, dan salad.

  1. Mengatasi Sembelit

Banyak ibu yang mengalami sembelit dan gangguan pencernaan lainnya selama hamil. Dokter Reza Fahlevi menjelaskan, kismis dapat membantu mengatasi masalah sembelit, karena memiliki serat yang memudahkan buang air besar. Kismis mudah dicerna dan dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan ibu hamil. Agar semakin terhindar dari sembelit, hindari makanan mengandung minyak dan lemak tinggi.

  1. Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Selain anemia, selama kehamilan, gigi ibu juga rentan mengalami peradangan dan bengkak. Pasalnya, perubahan hormon saat hamil bisa membuat tubuh ibu lebih rentan terkena penyakit, salah satunya penyakit gigi. Gusi bengkak dan radang atau gingivitis merupakan kondisi yang juga dapat terjadi pada ibu hamil. Kismis kaya akan asam oleanolic dan kalsium yang melindungi gigi serta gusi.

  1. Memberi Energi

Selama masa kehamilan, ibu disarankan makan makanan mengandung cukup kalori guna meningkatkan pasokan energi. Salah satu sumber energi yang bisa didapatkan dengan mudah adalah buah kismis. Kismis bisa menjadi sumber gula alami dari buah dan dapat memberi energi secara instan. Konsumsinya dapat membantu ibu hamil lebih berenergi dalam beraktivitas.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Penglihatan Janin

Salah satu mineral terpenting di dalam tubuh adalah kalsium. Melansir Parenting First Cry, mineral ini bertanggung jawab untuk kesehatan tulang, gigi, kulit, dan jantung, serta menurunkan kolesterol. Kismis merupakan salah satu sumber kalsium. Kandungan kalsium dan vitamin A pada kismis juga dikaitkan dengan peningkatan kesehatan tulang serta penglihatan janin. Agar tulang dan mata bayi bisa lebih sehat, imbangi makan kismis dengan makanan sehat lain.

Leave a Response