Kesehatan

Manfaat Gerakan Senam Irama yang Sehat dan Menyenangkan

157views

SENAM irama merupakan cabang olahraga yang mewajibkan atletnya melakukan senam atau koreografi dengan diiringi musik. Olahraga ini cukup populer, terutama di kalangan anak-anak. Tidak hanya menari, ada juga properti yang harus digunakan oleh atlet saat melakukan gerakan, misalnya hula hoopclubs, bola, dan pita.

Gerakan senam ritmis ini terdiri atas pemanasan, gerakan core, dan diakhiri oleh pendinginan. Elemen penting dalam senam irama adalah fleksibilitas dan akurasi ritme. Melakukan senam irama memiliki manfaat tersendiri bila dilakukan secara rutin. Yuk, simak manfaat melakukan gerakan senam irama di bawah ini! 

  1. Memperkuat Otot

Gerakan senam irama memiliki fungsi untuk memperkuat otot. Memang, hampir seluruh gerakan senam irama melibatkan berbagai otot pada tubuh. Jika dilakukan secara rutin, otot-otot yang terlibat tersebut akan semakin kuat. Otot yang kuat akan mencegah terjadinya cedera otot saat melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

  1. Meningkatkan Fleksibilitas

Salah satu kunci penting dalam senam irama adalah fleksibilitas. Ketika otot lebih fleksibel, rentang gerak menjadi lebih luas. Pada gilirannya, fleksibilitas dapat mencegah kekakuan otot maupun cedera akibat berbagai aktivitas fisik, baik yang berat maupun ringan. 

  1. Melatih Keseimbangan

Berbagai gerakan dalam senam irama dapat melatih keseimbangan. Bahkan, Gerakan sederhana seperti berjalan sambil berjinjit juga memerlukan keseimbangan, lho. Apalagi jika gerakannya mulai sulit, seperti berdiri di atas satu kaki atau sambil memegang properti. Jika senam irama dilakukan secara rutin, lama-kelamaan keseimbangan akan terbentuk. Hal ini bermanfaat untuk mencegah cedera saat melakukan aktivitas sehari hari.

  1. Baik untuk Tulang

Olahraga yang melibatkan berat badan sebagai beban bisa membantu mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Penting untuk Anda ketahui, wanita berisiko lebih tinggi terhadap kondisi ini seiring dengan bertambahnya usia. Melakukan senam irama sedari muda bisa membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah berbagai penyakit tulang di usia tua nantinya.

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Melakukan gerakan senam irama tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk fungsi kognitif. Karena, olahraga ini akan melatih fokus dan konsentrasi Anda. Tidak hanya dalam melakukan gerakan dan menangkap properti, senam irama juga memiliki koreografi yang harus dihafalkan. Jika dilakukan dengan rutin, maka kemampuan kognitif akan meningkat.

  1. Melatih Koordinasi Tubuh

Atlet senam irama harus mampu melakukan gerakan sambil menjaga keseimbangan dan menyesuaikannya dengan musik. Demi mencapainya, dibutuhkan koordinasi yang baik. Senam irama dapat melatih koordinasi tubuh, terutama jika dilakukan sejak usia muda. Peningkatan koordinasi ini berdampak pada kemampuan motorik tubuh. Selain itu, koordinasi tubuh yang meningkat akan meningkatkan energi Anda sehari-hari dengan membantu kerja jantung lebih optimal. 

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Gerakan-gerakan dalam senam irama bila dilakukan secara rutin mampu membentuk otot-otot tubuh, terutama di lengan, perut, panggul dan paha. Selain itu, senam irama juga bisa membakar kalori dan mempertahankan berat badan ideal. Mengetahui hal itu, senam yang dilakukan secara rutin bisa membuat Anda memiliki bentuk dan berat badan yang proporsional. 

  1. Baik untuk Kesehatan Mental

Bila Anda berolahraga dengan tujuan refreshing, senam irama adalah salah satu pilihan yang tepat. Iringan musik pada saat melakukan senam akan menurunkan hormon penyebab stres secara efektif. Dengan melakukan senam irama, kadar hormon tersebut pun akan menurun dan tergantikan oleh hormon endorfin. Hormon ini memiliki efek menenangkan dan diketahui dapat menurunkan kecemasan. 

  1. Menyehatkan Jantung

Siapa sangka, melakukan senam irama juga baik untuk jantung? Manfaat ini hadir berkat gerakan yang seimbang antara tempo lambat dengan tempo cepat. Ketika gerakan dilakukan secara cepat, jantung juga akan memompa darah secara cepat. Begitu pula sebaliknya.

Memulai latihan senam irama memang sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Namun, bila Anda baru mau memulai, tidak ada salahnya mencoba gerakan-gerakan yang sederhana di rumah.***(Oleh: dr. Vika Damay/KlikDokter.com)

Leave a Response