Bandung RayaParlemen

Kunjungan Fikom Unisba ke DPRD Kabupaten Bandung Barat Jajaki Kerjasama Perkuat Program Kampus Merdeka

380views

BANDUNG BARAT, BANDUNGPOS.ID – Upaya yang dilakukan perguruan tinggi berkaitan dengan program kampus merdeka adalah melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai lembaga/ instansi, terutama di lingkup penthahelik. Salah satunya menjalin kerjasama dengan DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB). Untuk maksud itulah Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Bandung (Unisba) melakukan kunjungan kerja ke kantor DPRD KBB, Selasa (06/09/2022).

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Dekan Fikom Unisba Atie Rachmiatie tersebut diterima Ketua DPRD KBB Rismanto. Pada kesempatan itu Atie Rachmiatie menyampaikan keinginan Fikom Unisba untuk menjalin kerjasama, terutama berkaitan dengan program kampus merdeka, diantaranya magang mahasiswa dan kajian-kajian komunikasi yang berkaitan dengan kinerja anggota dewan.

“Sesuai dengan amanat kampus merdeka kami mencoba menjajaki kemungkinan kerjasama magang mahasiswa yang bisa dikonversi menjadi beban SKS. Selain itu melalui SCC (Strategic Communication Center) yang berada di bawah Fikom Unisba kami menawarkan kajian dan program komunikasi yang inshaallah menjadi salah satu komponen pendorong kinerja pimpinan dan anggota DPRD KBB,” jelas Atie.

Pada kesempatan itu Ketua DPRD KBB Rismanto menyatakan siap menjalin kersama yang disampaikan Fikom Unisba melalui mekanisme yang sudah berlangsung, yakni melalui Sekretariat DPRD nanti akan dilakukan MOU antara Unisba dan DPRD KBB yang selanjutnya akan diimplementasikan melalui pelaksanaan PKS (Perjanjian Kerjasama) antara Fikom Unisba dan DPRD KBB.

“Kami menyambut rencana pihak Fikom Unisba melakukan kerjasama yang nantinya akan dibantu pihak Sekretariat DPRD untuk mengatur MOU dan PKS-nya. Sesuai dengan sinergitas penthahelik, kami juga siap menjalin kersama dengan Fikom Unisba. Malah dengan Pak Satori (Dekan Fakultas Teknik, red) kami sudah kerjasama penanganan masalah sampah di Kabupatan Bandung Barat karena kami tahu Pak Satori ekpert di bidang persampahan,” ungkap Rismanto.

Pada pertemuan tersebut Rismanto sempat bernostalgia karena sewaktu menyelesaikan program magister komunikasi di tempuhnya di Prodi Magister Komunikasi Fikom Unisba dengan pembimbing O Hasbiansyah. Ikut dalam rombongan tersebut selain Dekan Fikom Unisba juga Wadek Kemahasiswaan Tresna Wiwitan, Hasbiansyah, Oji Kurniadi, Anne Ratnasari, Satya Indra Karsa, Askurifai Baksin, dan ME Fuady.

Di akhir kunjungan kedua belah pihak berencana mengadakan pertemuan lebih serius rencana kerjasama antarlembaga dengan harapan program kampus merdeka yang digagas Menteri Nadiem Makarim bisa terwujud di Unisba.(ask/bp)

Rombongan Fikom Unisba bersama Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat (tengah) saat kunjungan ke kantor DPRD KBB.(foto: ist)

Leave a Response