Daerah

KM Sida Rahayu Terbalik di Perairan Laut Jawa, 8 ABK Hilang 6 Selamat

246views

Karawang, BANDUNGPOS.ID – Delapan anak buah kapal (ABK) hilang dan enam ABK lainnya lolos dari maut, ketika kapal nelayan KM Sida Rahayu 3 dihantam ombak besar dan terbalik di perairan Laut Jawa.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril menyebut, pihaknya menerima laporan dari Kantor SAR Jakarta terkait kecelakaan kapal nelayan yang terjadi di perairan Laut Jawa pada koordinat 05 17’161″ S 107 48’498″E, Jumat (26/08/2022).

KM Sida Rahayu 3 dengan 14 POB (Person On Board), kata Jumaril, berangkat melaut dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta pada Selasa (23/08/2022) dengan tujuan Laut Jawa.

Namun pada Jumat pagi kapal nelayan tersebut ditemukan dalam kondisi terbalik.

Kecelakaan yang menimpa KM Sida Rahayu pertama kali diketahui kapal TB Mitra Pulau yang sedang berlayar dari Sukamara menuju Marunda.

Mereka menemukan KM Sida Rahayu dalam posisi terbalik dan terombang ambing gelombang laut.

Sementara di atas bangkai kapal yang nyaris karam tersebut terlihat enam orang ABK pada berdiri sambil melambai-lambaikan tangan dan berteriak-teriak mita tolong.

Pertolongan pun dilakukan begitu dramatis.

Di tengah gelombang laut yang cukup besar, satu per satu ABK melompat ke laut menggapai pelampung terikat tambang yang dilemparkan oleh ABK TB Mitra Pulau.

Mereka pun ditarik satu per satu hingga keenamnya selamat.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril, menyebut, terkait kecelakaan yang menimpa kapal nelayan tersebut pihaknya mengerahkan personel dari Kantor SAR Bandung, Kapal Basarnas KN 206 Bandung dan personel Unit Siaga SAR Karawang ke lokasi kejadian.

Kantor SAR Bandung mendirikan posko di Tanjung Sedari, Karawang.

Juga secara intens melakukan koordinasi dengan BCC (Basarnas Command Center), Kantor SAR Jakarta, SROP Tj. Priok, VTS Tj. Priok, KSOP Patimban dan VTS Cirebon.

Selain itu Kantor SAR Bandung berkoordinasi dengan Kantor SAR Jakarta terkait pengerahan Alut dari Kantor SAR Jakarta untuk melakukan pencarian POB yang belum ditemukan.

“Kita sudah meminta bantuan Kantor SAR Jakarta untuk mengerahkan KN SAR Wisnu dan RIB Jakarta karena memang lokasi kejadian lebih dekat dengan Jakarta”, kaanya.(dds/bp)

Leave a Response