Bandung Raya

Kenaikan Harga BBM Berefek domino, Osin Minta segera Keluarkan Kebijakan Pemberian Subsidi

202views

Bandung, BANDUNGPOS.ID – Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bandung, H. Osin Permana, meminta pemerintah segera mengeluarkan kebijakan pemberian subsidi terkait kenaikan harga BBM.

Permintaannya itu, ia sampaikan terkait rencana pemerintah menaikkan harga BBM dan gas.

Tanda-tanda kenaikan BBM saat ini, menurut dia, dimanipulasi dengan aplikasi MyPertamina.

“Kebijakan menaikan harga BBM, akan berdampak pada peningkatan angka kemiskinan, termasuk di Kabupaten Bandung,” kata Osin saat dihubungi melalui telpon, Kamis (14/7/2022)

Naiknya harga BBM, lanjut legislator Partai Demokrat ini, akan berpengaruh terhadap seluruh sektor ekonomi, dan akan berimbas pada kenaikan harga seluruh barang.

Jadi, menurut dia juga, kebijakan subsidi itu bukan imbauan, melainkan permintaan kepada pemerintah segera melakukan tindakan terhadap situasi saat ini.

Osin yakin, naiknya harga BBM akan menimbulkan efek domino, yakni merosotnya ketahanan pangan yang berdampak pada kenaikan kebutuhan pokok.

Sehingga ini merupakan salah satu gejala, akan terjadinya keterpurukan perekonomian masyarakat.

Ia menyebutkan, gejala tersebut mestinya menjadi pemikiran pemerintah, yang ditindak lanjut dengan pemberian subsidi sebagai pencegahan bertambahnya kemiskinan.

Pemberian subsidi ini, lanjutnya, juga untuk menjaga ketahanan pangan untuk menghindari kelangkaan kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Ia menghadapi situasa seperti ini, iaberharap, pemerintah jangan menunggu dampak ini terjadi, melainkan segera antisipasi agar terhindar dari munculnya kemiskinan baru.

“Lebih baik segera bertindak, jangan direncanakan sebelum terlambat,” katanya.(akn/bp)

Leave a Response