Nasional

Kementrian Perhubungan Bekerja Untuk Membantu Transisi Dari Bahan Bakar Ke Kendaraan Listrik

152views

JAKARTA, BANDUNPOS.ID – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mensubsidi biaya konversi kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) menjadi kendaraan listrik bertenaga baterai (KBBLBB). Hal ini dilakukan untuk mempercepat adopsi massal KBLBB di Indonesia.

Untuk mempercepat hal tersebut, Kemenhub telah mengeluarkan sejumlah peraturan. Peraturan pertamanya akan berlaku untuk sepeda motor melalui Keputusan Menteri Perhubungan No. 65 (2020) tentang Konversi Sepeda Motor Berbahan Bakar Mesin Menjadi Sepeda Motor Listrik Bertenaga Baterai.

Kemudian, untuk kendaraan selain sepeda motor, seperti mobil, bus, dan kendaraan lain yang digerakkan oleh alat mekanis berupa mesin selain kendaraan kereta api, berlaku Peraturan Menteri Perhubungan Nomor Pembakaran Kendaraan Listrik Berbasis Baterai.

“Kami bersama kementerian/ lembaga dan unsur terkait, tengah berdiskusi mengupayakan ada subsidi untuk melakukan konversi dari kendaraan BBM ke listrik, khususnya untuk sepeda motor,” ujar Menhub saat menghadiri program konversi sepeda motor BBM ke listrik yang diinisiasi  Kementerian ESDM, Senin (19/9) di Jakarta.

Menhub mengatakan, perkuatan subsidi bisa berasal dari pengalihan alokasi anggaran subsidi BBM. “Pemerintah daerah juga dapat mengatur untuk mengalihkan anggaran yang kurang produktif untuk mensubsidi biaya retrofit EV,” kata Menteri Perhubungan.

Saat ini biaya untuk melakukan konversi sepeda motor BBM ke listrik masih cukup tinggi, yaitu sekira Rp 15 juta. Namun demikian, jika permintaan kian meningkat, dan bengkel-bengkel yang mampu melayani konversi sudah semakin banyak, diharapkan harganya akan semakin kompetitif.

Upaya percepatan juga dilakukan pemerintah melalui Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah pada 13/9/22. (Dede Nulhakim/BP)

Leave a Response