Keluarga

Kapan Sebaiknya Anak Mulai Dibiasakan Tidur Sendiri?

221views

SALAH satu momen yang menunjukkan anak mandiri menurut para ahli, adalah ketika anak sudah mau atau berani tidur sendiri di kamarnya. Seiring dengan bertambahnya usia anak, orangtua penting untuk membiasakan anak tidur sendiri di kamarnya. Orangtua perlu melatih anak untuk lebih mandiri dan lebih bertanggung jawab pada dirinya sendiri.

Ketika anak mulai tidur sendiri, hal ini tak hanya melatih kemandirian anak. Ini juga bermanfaat untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Mengutip dari laman babycenter.in, anak yang tidur sendiri juga memungkinkan anak bertumbuh serta berkembang menjadi pribadi yang lebih bijak dan semakin cerdas.

Namun sayang, saat orangtua ingin membiasakan anak tidur sendiri, hal ini cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi jika usia anak sudah terlampau dewasa dan ia sudah terlalu nyaman tidur bersama orangtua. Lantas, kapan anak sebaiknya dibiasakan mulai tidur sendiri?

Waktu Tepat untuk Anak Mulai Tidur Sendiri

Sebenarnya tidak ada patokan khusus kapan anak harus mulai tidur sendiri. Karena pada dasarnya, setiap orangtua memiliki pertimbangan dan kebijakan masing-masing dalam hal ini. Meski begitu, melansir dari laman huffingtonpost.com, para ahli merekomendasikan agar anak mulai dibiasakan tidur sendiri sejak usianya sedini mungkin.

Sementara itu, American Academy Pediatrics sudah mengeluarkan rekomendasi Safe Sleep Recommendation. Dalam panduannya, AAP menyarankan agar bayi tidur di ruangan yang sama (room sharing) bersama orangtua hingga usia 6 bulan atau 1 tahun. Saran ini adalah anak berada di ruangan sama bukan berarti berada dalam satu ranjang yang sama. Namun jika kondisi tidak memungkinkan, karena Bunda masih harus menyusui buah hati, ia boleh tidur di ranjang yang sama hingga usianya 2 tahun atau selama menyusu.

Saran lain dari para ahli adalah, anak sebaiknya diminta untuk tidur sendiri di kamarnya sendiri saat ia telah memasuki usia sekolah atau kurang lebih 6 – 7 tahun. Namun para ahli tidak melarang ketika sebelum usia tersebut, anak sudah dibiasakan untuk tidur sendiri dengan tetap dipantau dan diawasi secara lebih bijak.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan ragu untuk mengajak anak mulai tidur sendiri ya Bunda.**(Fimela.com/mimi rohmitriarsih/jit)

Leave a Response