Gaya HidupKesehatan

Hindari Bawa HP ke Kamar Mandi, Ini Alasannya

273views

TIDAK sedikit orang yang sulit lepas dari HP. Kalau sudah begini, gawai bisa dibawa ke mana pun, termasuk ke kamar mandi atau toilet. Padahal, kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan. Membawa HP ke kamar mandi sama halnya dengan menjemput bakteri penyebab penyakit untuk menjangkiti tubuh Anda. Di bawah ini bahaya membawa HP ke toilet yang perlu Anda tahu.

  1. Kamar Mandi Sumber Bakteri

Meski dibersihkan setiap hari, kamar mandi tetap menjadi sarang bakteri dan organisme lain yang tak kasat mata. Terlebih, jika kamar mandi digunakan oleh banyak orang. Mulai dari gagang pintu, dudukan toilet, tuas pembilas (flush), toilet jet spray, hingga keran air bisa menjadi sarang kuman. Nah, efek membawa HP ke toilet berpotensi memindahkan dan menambahkan kuman ke dalam genggaman Anda.

  1. Handphone Juga Sumber Bakteri

Perlu Anda tahu, HP adalah salah satu benda yang paling sering menjadi tempat bakteri berkembang biak. Soalnya, HP sering kali digunakan dan diletakkan di tempat yang belum tentu bersih. Menurut penelitian, telepon seluler adalah benda yang paling terkontaminasi bakteri dibandingkan dengan tempat duduk toilet. Karena itu, efek membawa HP ke toilet dapat meningkatkan risiko terjadi kontaminasi bakteri.

  1. Memicu Gangguan Pencernaan

Salah satu bakteri yang mungkin menempel di telepon seluler Anda adalah bakteri SalmonellaSalmonella adalah bakteri penyebab utama penyakit yang disebarkan melalui makanan. Selain Salmonella, terdapat pula bakteri Clostridium difficile. Keduanya dapat menyebabkan gangguan di saluran pencernaan. Ketika bakteri yang menempel pada HP kita sentuh dan tanpa disadari masuk ke dalam tubuh, mikroorganisme ini dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan seperti mual, muntah hingga diare.

  1. Memicu Masalah di Kulit Wajah

Selain bakteri pemicu gangguan cerna, bahaya membawa HP ke toilet bisa meningkatkan risiko Anda terjangkit bakteri kelompok Staphylococcus.  Staphylococcus bisa menyebabkan masalah di wajah dan meningkatkan risiko kulit berjerawat. Apalagi, HP bisa menempel di wajah saat Anda melakukan aktivitas menelepon. Oleh karena itu, bersihkan HP secara rutin sebelum perangkat ini digunakan untuk menelepon, ya!

  1. Menganggu Proses Buang Air Besar

Membawa HP ketika buang air besar (BAB) bisa membuat fokus Anda teralihkan, sehingga semakin lama duduk di toilet. Secara tak sadar, menggunakan gawai saat duduk di kamar mandi dapat meningkatkan tekanan di anus. Akibatnya, risiko terjadinya wasir atau ambeien pun meningkat.

  1. Membuat Otak Lelah

Meski ada keinginan untuk lebih produktif atau mendapatkan ide-ide segar, bukan berarti Anda harus membawa HP ke toilet. Kebiasaan ini justru membuat otak Anda akan semakin lelah karena berkutat dengan e-mail, membalas chat, dan sebagainya. Sebaiknya manfaatkan waktu di dalam toilet untuk beristirahat sejenak dan lepas dari gadget beberapa saat. Tidak ada salahnya Anda rehat 5-10 menit, bukan?

  1. Memicu Stres

Waktu Anda ke toilet seharusnya dapat menjadi waktu untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kegiatan yang dilakukan. Namun, ketika membawa HP ke toilet, Anda menjadi fokus kembali dalam kegiatan yang Anda lakukan. Jika Anda tidak memberikan waktu bagi pikiran untuk beristirahat sejenak, kebiasaan ini bisa saja meningkatkan rasa stres. Karena itu, hindarilah membawa HP ke kamar mandi. Namun, jika harus terpaksa membawa HP ke toilet, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Selalu mencuci tangan, terutama setelah dari kamar mandi.

Cuci tangan menggunakan sabun dan air ke seluruh permukaan tangan, termasuk di sela-sela jari tangan dan di bawah kuku selama dua puluh detik.

Jika tangan Anda sudah bersih, hindari menyentuh langsung gagang pintu. Anda bisa menggunakan tisu saat menyentuh gagang pintu tersebut.

Jika tidak ada sabun dan air di sekitar Anda, gunakan cairan pembersih berbahan dasar alkohol untuk membersihkan tangan Anda.

Bersihkan area permukaan HP Anda dengan menggunakan alkohol atau pembersih khusus layar HP.

Untuk menghindari penyebaran bakteri, bijaklah menggunakan ponsel Anda di tempat yang memang seharusnya digunakan. Hindari membawa HP ke toilet untuk memperkecil risiko terjadinya penularan penyakit, seperti gangguan saluran cerna.*(Penulis: dr. Valda Garcia/KlikDokter.com)

 

Leave a Response