Kesehatan Wanita

Garis Hitam di Perut Bumil: Apa Penyebab, Bisakah Hilang?

296views

SEBAGIAN  ibu hamil mungkin bertanya-tanya dengan kemunculan garis hitam di perut mereka, yang disebut juga dengan linea nigra. Garis ini muncul mulai dari tulang kemaluan hingga pusar, namun bisa juga memanjang hingga atas perut.

Munculnya linea nigra sebenarnya tidak perlu dicemaskan, karena sudah menjadi bagian alami dari kehamilan. Garis ini bahkan sebenarnya sudah ada sebelum hamil, hanya saja warnanya samar sehingga tidak kelihatan jelas.

Penyebab Munculnya Garis Hitam di Perut Saat Hamil

Umumnya, garis hitam pada perut saat hamil muncul karena kenaikan kadar hormone estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk menghasilkan melanin, yaitu pigmen kulit yang berwarna gelap. Selain itu, linea nigra juga bisa timbul karena proses metabolisme dan imunologis yang alami.
Kondisi ini sering kali muncul pada usia kandungan mencapai lima bulan atau bisa juga lebih awal. Namun tidak hanya pada linea nigra, hormon kehamilan juga bisa merangsang produksi melanin pada kulit di daerah lain, misalnya puting dan daerah bekas luka.

Apakah Garis Hitam di Perut Saat Hamil Perlu Diobati?

Sebenarnya tidak ada yang perlu Bumil lakukan untuk mengatasi garis ini, karena linea nigra bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan dan tidak berpengaruh pada kehamilan. Namun bila memang menyita perhatian, linea nigra diduga dapat dicegah dengan memperbanyak asupan makanan yang mengandung asam folat. Contoh makanan yang banyak mengandung asam folat adalah sayuran berdaun hijau, jeruk, dan gandum.

Di samping dapat mengatasi linea nigra, asam folat juga penting dikonsumsi guna menunjang perkembangan janin, mencegah bayi lahir cacat, serta menjaga kondisi kulit Bumil. Selain dengan asam folat, menggunakan sunblock saat perut terpapar sinar matahari, juga dapat mengurangi pembentukan melanin pada linea nigra yang akan membuatnya menjadi semakin gelap.

Apakah Garis Hitam di Perut Saat Hamil Bisa Hilang?

Bumil tidak perlu khawatir, linea nigra tidak akan selamanya ada, kok. Garis ini biasanya akan memudar dengan sendirinya dalam waktu 9–12 bulan setelah Bumil melahirkan. Ibu yang menyusui mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama sampai garis ini hilang. Namun jangan jadikan ini alasan untuk tidak menyusui, ya. Walaupun lebih lama, garis ini umumnya akan tetap hilang dengan sendirinya, kok.

Pada sebagian ibu, garis hitam pada perut memang bisa bertahan atau hanya sedikit memudar setelah melahirkan. Krim pemutih kulit bisa membantu menghilangkan linea nigra lebih cepat. Namun, jangan gunakan krim ini selama menyusui, apalagi selama masih hamil, karena bisa berbahaya untuk bayi.

Garis hitam di perut saat hamil merupakan bagian dari kehamilan itu sendiri. Ada cara-cara yang diduga dapat mencegah atau mengurangi penampakannya. Bila tidak hilang pun, garis ini tidak akan menimbulkan apa-apa kecuali perubahan penampilan, kok.

Akan tetapi, bila nanti garis hitam pada perut Bumil tidak kunjung hilang setelah melahirkan, sebaiknya Bumil berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran atau penanganan yang aman.**[Artikel sudah ditinjau oleh: dr. Meva Nareza/Sumber: Alodokter.com]

Leave a Response