Seks

Gairah Seks Menurun Saat Hamil, Yuk Cek Penyebabnya!

135views

Oleh: dr. Devia Irine Putri

TUBUH ibu tidak hanya mengalami perubahan fisik ketika sedang hamil. Libido alias gairah seks menurun saat hamil. Bertambahnya libido disebabkan oleh peningkatan kadar hormon seks selama kehamilan, seperti estrogen dan progesteron. Saat hamil, peningkatan aliran darah ke vagina juga membuat organ intim bumil semakin sensitif. Alhasil, ibu hamil jadi lebih mudah terangsang.

Meski begitu, sejumlah kondisi juga bisa menurunkan hasrat seksual ketika hamil. Hal ini juga bisa dirasakan pasangan. Di bawah ini penyebab gairah seksual menurun saat hamil yang perlu pasangan ketahui.

  1. Fase Morning Sickness

Umumnya, morning sickness terjadi pada awal-awal usia kehamilan, seperti trimester pertama. Meski menggunakan istilah “morning”, rasa mual dan muntah selama kehamilan ini bisa terjadi kapan saja, termasuk di malam hari. Morning sickness yang terjadi dalam intensitas berat bisa menyebabkan ibu merasa lelah sehingga tidak bergairah untuk berhubungan seks.

  1. Perubahaan Suasana Hati

Perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan, stres, dan kelelahan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami perubahan suasana hati atau mood swing. Ibu hamil bisa merasakan senang, lalu seketika berganti dengan sedih, ataupun cemas. Sebenarnya, hal ini wajar dialami bumil pada trimester awal dan menjelang persalinan. Meski normal, jika dibiarkan berlarut-larut, mood swing bisa bikin gairah seks menurun saat hamil. Untuk itu, penting bagi ibu hamil mengelola stress yang dihadapi sehingga tidak terus menerus mengalami mood swing.

  1. Lebih Mementingkan Kondisi Janin

Saat sedang hamil, kesehatan janin adalah prioritas utama. Hal ini mungkin bisa menyebabkan pasangan enggan bercinta selama masa kehamilan. Meski sebenarnya berhubungan seks saat hamil diperbolehkan, rasa takut dan cemas bukan tidak mungkin membuat pasangan berpikir dua kali untuk melakukannya. (baca juga: penyebab wanita sulit hamil)

  1. Tidak Percaya Diri

Perubahan fisik saat hamil bisa membuat bumil merasa tidak percaya diri Ketika berhubungan seks. Hal ini bisa jadi alasan kenapa ibu hamil kurang bergairah. Ketika hasrat seks menurun, vagina jadi lebih kering sehingga hubungan seksual terasa sakit dan tak nyaman. Karenanya, coba diskusikan hal ini dengan pasangan, ya! Agar suami-istri mendapatkan solusi terbaik dan hubungan seksual berjalan dengan nyaman.

  1. Pasangan Merasa Kasihan 

Tidak bergairah saat istri hamil bisa dialami pasangan. Sebab, suami bisa merasa kasihan melihat istrinya mengeluh sakit dan pegal saat hamil. Ketimbang memuaskan hawa nafsunya, suami memilih merawat sang istri. Hal ini sebenarnya bisa dikomunikasikan kembali dengan pasangan. Apabila istri merasa sehat dan siap, tak ada salahnya bercinta. Pilih posisi seks yang aman dan nyaman, ya!

  1. Payudara Nyeri

Tidak hanya perut yang bertambah besar selama hamil, payudara pun demikian. Pada fase ini, payudara sedang mempersiapkan ASI untuk proses menyusui nantinya. Payudara yang membesar bisa terasa nyeri sehingga dapat menurunkan gairah seksual bumil. Kondisi ini normal dan sering kali terjadi pada trimester pertama. Meski begitu, tak perlu khawatir. Sebab, rasa nyeri pada payudara akan hilang sendiri setelah memasuki trimester kedua atau ketiga. (baca juga: ciri-ciri rahim yang sehat dan subur, wajib diketahui wanita) 

  1. Kelelahan

Membesarnya perut seiring bertambahnya usia kehamilan, bisa membuat bumil kesulitan bergerak. Karena menopang berat badan dan janin di dalam perutnya, ibu hamil juga rentan mengalami kelelahan. Hal ini bisa jadi penyebab gairah seksual menurun saat hamil.

  1. Kesulitan Menemukan Posisi yang Tepat

Pasangan mungkin saja kesulitan menemukan posisi seks yang nyaman. Alasannya beragam, bisa karena ukuran perut ibu yang kian membesar ataupun ada kekhawatiran menyakiti bayi di dalam kandungan. Nah, ketika tidak sengaja berhubungan intim di posisi yang kurang nyaman, hal ini justru membuat aktivitas seks terasa sakit. Akibatnya, gairah seksual pun ikut menurun. Untuk itu, selama kehamilan, carilah posisi yang nyaman, ya! Selain itu, jujur dan terbukalah pada pasangan mengenai posisi yang nyaman dan tidak.(baca juga: rahim wanita)

Leave a Response