Hiburan

Film Pendidikan  ‘Sepeda Pak Guru’ yang Menjanjikan

461views

 

FILM
sepeds pak Guru
Sepeda pak Guru, film pendek karya anak bangsa. Foto: Ist

BANDUNGPOS.ID: Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting bagi pembentukan karakter bangsa.  Salahsatu bagian penting dari sistem pendidikan yg baik adalah karakter seorang guru, karena teladan sikap perilaku guru akan menginspirasi siswa untuk menghargai kejujuran dan keleluasaan menentukan masa depannya.

Belakangan ini film bertema pendidikan sangat jarang diproduksi, karenanya inisiatif untuk menghadirkan film bertema edukasi bermuatan nilai-nilai moral dirasa sangat penting.

Berangkat dari sinilah rumah produksi Inspirasinema bekerjasama dengan Ciptacon Pictures didukung oleh Zoelfa & Partners memproduksi sebuah film pendek dengan judul “Sepeda Pak Guru”.

Film yang menceritakan kehidupan guru yg bersahaja dipinggir kota ini terinspirasi oleh teladan hidup KH. Muhammad Hasan B.A, seorang guru yang pernah mengabdi pada era 70-90an disebuah daerah di Indonesia.

Film ini sebenarnya bukan kisah biografi sang guru, tetapi terinspirasi oleh contoh perilaku dia, sehingga yg diceritakan adalah hal-hal sederhana keseharian yg dicontohkan beliau namun berdampak besar bagi pendidikan karakter siswa.

Dalam durasi 15 menit film ini menceritakan dunia pendidikan dan permasalahannya, mulai dari perilaku siswa,  kondisi sekolah, dan keterbatasan ekonomi, pak guru menjalani tugasnya namun tetap memberi teladan kebaikan tanpa pamrih.

Film yang menjadi debut perdana sutradara muda Bunga Raisya Ramallah ini disampaikan dengan cara bertutur yang sama bersahajanya dg konsep filmnya. Ia berusaha menyajikan cerita dengan visual yang simpel. Naskah ditulis oleh Awaluddin Tahir dan diproduseri oleh Nunik Fardianty. penyunting gambar Ivan Syarif Hidayatullah.

Ilustrasi musik dikerjalan oleh musisi Indonesia yg bermukim di Australia, Tommee Balukea. Sementara lagu tema film ini diambil dari lagu “Cinta untuk Semua Guru” karya Ferry Curtis, seorang penyanyi balada, penulis lagu-lagu literasi dan penggiat literasi nasional yg bermukim di Bandung.

Selain bertujuan untuk memberi inspirasi kepada penonton tentang nilai kebaikan dari seorang guru, film ini juga diharapkan bisa membangkitkan semangat membaca dan menulis dikalangan siswa Indonesia.( Hj. R Yulia Yulianti.MPd,Ketua GLN Galeulis Jabar)

 

NoNamaCrew Film
1.Bunga RaisyaSutradara
2.Nuniek FardiantyProduser:
3.Awaluddin TahirPenulis Naskah, Penata Kamera:
4Ivan Syarif

 

Editor:
5Fahriz RamdoniPenata Cahaya, Audio
6IndahWardrobe:
7Irsandi

 

Artistik:
8Tommee BalukeaPenata musik:
9Ferry CurtisLagu Tema:

 

10Awaludin Tahir, Chandra Ivan, Fredi Hungkul, Irsandi, Indah, Fahriz, Abah Use, Dita

 

Pemain

 

:

 

:

 

 

 

Leave a Response