Jakarta, BANDUNGPOS.ID –  “Dune: Part Two” telah meraup pendapatan 81,5 juta dolar AS atau Rp1,2 triliun lebih dari penjualan tiket di bioskop-bioskop Amerika Utara, menjadikannya sebagai film dengan pendapatan akhir pekan penayangan perdana terbesar tahun ini.

Di box office internasional, film sekuel garapan sutradara Denis Villeneuve itu mengumpulkan pendapatan 97 juta dolar AS atau sekitar Rp1,5 triliun menurut siaran Variety.

Dengan demikian, “Dune: Part Two” telah berhasil mengantongi pendapatan total lebih dari Rp178 juta dolar AS atau sekitar Rp2,7 triliun pada pekan pertama penayangannya.

“Ini pembukaan yang luar biasa untuk (sekuel) fiksi-ilmiah,” kata David A. Gross dari firma konsultan film Franchise Entertainment Research sebagaimana dikutip oleh Variety.

Seperti film pertamanya, “Dune: Part Two” populer di IMAX dan format pemutaran film premium lain di Amerika Utara.

Format penayangan film premium berkontribusi hingga 48 persen dari pendapatan domestik film, sedangkan IMAX menyumbang pendapatan penjualan tiket 18,5 juta dolar AS (Rp291 juta), mewakili 23 persen dari pangsa pasar.

“Dune: Part Two” yang diproduksi dan didanai bersama Legendary Entertainment dibuat dengan biaya 190 juta dolar AS dan sekitar 100 juta dolar AS lagi untuk promosi ke audiens global.

Angka penjualan tiket awal sekuel tersebut sudah jauh melampaui “Dune”, yang pada pembukaan mengumpulkan 41 juta dolar AS pada 2021.

Bagian pertama dari film itu secara global berhasil mengumpulkan pendapatan total 402 juta dolar AS.

Film “Dune: Part Two” dibintangi oleh Timothee Chalamet, Zendaya, Austin Butler, dan Stellan Skarsgard. (den)