Nasional

Dua Kelurahan di Banyuwangi Terendam Banjir

193views

Banyuwangi, BANDUNGPOS.ID – Banjir merendam dua kelurahan di Banyuwangi, Jawa Timur pada Senin (17/10).

Peristiwa tersebut terjadi pascahujan deras mengguyur wilayah tersebut pukul 05.30 waktu setempat.

Merujuk laporan Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB, banjir terjadi akibat aliran sungai terhambat material barang sepetir kotoran dan juga batang pohon, sehingga air meluap hingga rumah warga di Kelurahan Sobo dan Kelurahan Pakis yang di Kecamatan Banyuwangi.

Data sementara hingga Senin (17/10) malam, menunjukkan, sebanyak 1.445 kepala kluarga dan 1.445 unit rumah terdampak banjir dengan ketinggian muka air 20 – 50 sentimeter.

Selain itu terdapat satu unit masjid ikut terendam.

Belum ada laporan terkait korban maupun warga yang mengungsi.

Kondisi terkini, banjir mulai surut di beberapa titik.

Untuk melakukan penanganan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi beserta tim gabungan langsung menuju lokasi untuk melakukan asesment dan evakuasi terhadap warga terdampak.

Dapur umum telah disediakan di Kebalenan untuk memenuhi kebutuhan bagi para watga terdampak.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi pada hari Selasa (18/10) dan Rabu (19/10) untuk wilayah Kabupaten Banyuwangi dan sebagian besar wilayah di Jawa Timur.

Mengingat wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dan adanya potensi terjadi cuaca ekstrem, Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan.

“Masyarakat disekitar lereng dan dataran rendah, jika terjadi hujan leboh dari satu jam, kemudian jarak pandang 50 meter tidak terlihat, segera keluar rumah, tinggalkan tempat dan cari lokasi aman dan lebih tinggi,” ucap Suharyanto saat memimpin Rapat Koordinasi Antisipasi Cuaca Ekstrem beberapa waktu lalu.(akn/bp)

Leave a Response