Bandung Raya

Dishub Jabar Gelar Talk Show “Sosialisasi Transportasi Berkeadilan Bagi Disabilitas”

287views

Bandung, BANDUNGPOS.ID (31/08/22):  Dalam rangka  peringatan Hari Perhubungan Nasional 2022, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat menggelar  “Talk Show & Sosialisasi Transportasi Berkeadilan bagi Disabilitas” di  Graha Perhubungan Cinunuk, Kabupaten Bandung.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan murid-murid dan guru SLB se- Bandung Raya,  serta beberapa perwakilan komunitas yang ada di Jawa Barat diataranya: Ketua Forum Komunikasi Anak Dengan Disabilitas (FKKADD) Kota Bandung, Ketua Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Kota Bandung, Presiden Pergerakan Disabilitas & Lansia (DILANS) Indonesia, dan Ketua Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN), Jawa Barat.

“Di Jawa Barat saat ini ada delapan bus khusus untuk penyandang disabilitas yang bisa dipakai dan dipinjamkan secara gratis untuk komunitas penyandang disabilitas dengan distribusi: Kota Bandung, Kota Bogor, Cirebon, dan Tasikmalaya. Mudah-mudahan terus akan ditingkatkan jumlahnya untuk mencakup kota lainnya”, kata  Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Idat Rosana

Sementara iru Kang Aden Achmad, dari Biro Hukum Advokasi dan Aksesibilitas  PPDI Jawa Barat salah satu narasumber pada dialog ini menambahkan, sarana transportasi yang inklusif perlu diperluas agar para penyandang disabilitas bisa beraktivitas dalam keseharian dan tetap produktif.  Kang Aden menambahkan, “Kalau hanya pengadaan kendaraan khusus untuk disabilitas tidak akan memungkinkan kebutuhan transportasi semua disabilitas bisa terpenuhi. Tapi kalau pemerintah  mengadakan transportasi publik yang berkeadilan, akses disabilitas Inshya Alloh kebutuhan transportasi disabilitas bakal tercover, “ katanya.

Pada akhir dari kegiatan, peserta diberi kesempatan mencoba bus khusus penyandang disabilitas yang beroperasi di Jawa Barat dan mobil khusus penyandang disabilitas yang lebih kecil dari Kementerian Sosial Kendaraan.

Walaupun jumlahnya masih terbatas, tetapi sudah mampu melayani berbagai permintaan komunitas di Kata Bandung, Bogor, Cirebon, dan Tasikmalaya.

Sementara puncak acara Hari Perhubungan Nasional Jawa Barat akan dipusatkan di Kota Sukabumi  17 September 2022 mendatang.(rm/bp)

 

Leave a Response