Gaya Hidup

Cara Mudah Menggunakan Sumpit Bagi Pemula

373views

SUMPIT merupakan alat makan yang paling serba guna. Alat ini bisa menjadi garpu, pisau, penjepit, pengocok, bahkan tempat kukusan dengan menjadikan sumpit menjadi penyangga antara wajan dengan wadah. Sumpit menjadi alat makan yang amat lekat dengan masakan dan kuliner Asia. Penggunaan sumpit menjadi alat makan utama di Tiongkok, Jepang, dan Korea. Seiring dengan perkembangan kuliner, masakan asal tiga negara tersebut menjadi populer di banyak negara.

Penggunaan sumpit pun mulai menjamur di negara dengan masyarakat yang tidak terbiasa makan dengan sumpit sehingga mereka harus belajar keterampilan ini untuk bisa menikmati kuliner Tiongkok, Korea, ataupun Jepang dengan nuansa yang tepat.  Bagaimanakah langkah-langkah mudah menggunakan sumpit? Berikut tutorial penggunaan sumpit yang dikutip dari lifejapan.com.

Langkah-langkah mudah menggunakan sumpit

Penggunaan sumpit/Foto: Unsplash

Berikut panduan menggunakan sumpit dengan mudah:

  • Tempatkan sumpit pertama di antara jari telunjuk dan ibu jari. Kemudian seimbangkan sumpit dengan menggunakan jari manis.
  • Tempatkan sumpit kedua di antara jari telunjuk dan ibu jari. Letakkan sumpit di jari tengah.
  • Gunakan jempol, jari telunjuk dan jari tengah untuk memegang sumpit kedua dengan kuat.
  • Jari telunjuk dan jari tengah melakukan pengangkatan.
  • Gunakan jari telunjuk dan tengah untuk menutup sumpit di atas makanan. 

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan sumpit

Pertama, ambil satu sumpit, selipkan di antara ibu jari dan jari telunjuk, seperti ketika menggunakan pulpen. Sumpit pertama (di bagian bawah) kurang lebih tidak bergerak. Jari telunjuk dan tengah melakukan semua angkat berat dengan sumpit kedua. Dalam keadaan ini, gerakkan sumpit atas ke atas dan ke bawah di antara jari tengah dan telunjuk tangan kanan.

Kali ini, cobalah untuk tidak menggerakkan sumpit bawah. Jika dilakukan dengan benar, ujung sumpit akan terbuka dan tertutup. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu: ketika menggunakan sumpit, pegang dari bagian sepertiga dari bawah dan pastikan pegangan terhadap sumpit nyaman, pas, dan tidak terasa seakan bisa lepas kapan saja.

Tips memegang dan menggerakkan sumpit

Memegang sumpit/Foto Unsplash

Saat menggerakkan sumpit, hal yang perlu diperhatikan adalah sumpit bagian atas yang harus bergerak, sedangkan bagian bawah umumnya harus diam. Jika dilakukan dengan benar, sumpit akan mampu menggenggam benda-benda kecil seperti kacang atau butir beras satu per satu.

Ada beberapa yang harus diperhatikan ketika memegang sumpit. Ketika tangan memegang sumpit, letakan jari-jari di sepertiga dari bawah sumpit. Kemudian, sumpit harus secara alami ditopang oleh jari manis dan jari kelingking. Pastikan sumpit terasa nyaman ketika di gerakan tanpa terasa akan terlepas dari tangan.

Pantangan ketika menggunakan sumpit dalam etika Jepang

Salah satu negara yang menggunakan sumpit sebagai alat makannya adalah Jepang. Ternyata di Jepang ada etiket yang harus dipatuhi saat menggunakan sumpit. Pertama, dalam budaya Jepang dilarang untuk meletakan sumpit ditepi mangkuk ataupun menggunakan sumpit untuk menarik piring mendekat ke arah badan baik dengan tujuan mempermudah proses makan ataupun alasan lainnya. Gunakan tangan apabila ingin memindahkan mangkuk ataupun piring.

Selain itu, di Jepang juga dianggap sebagai perilaku yang buruk untuk memberikan makanan dari sumpit ke sumpit, atau menancapkan sumpit tersangkut di semangkuk nasi, karena kedua tindakan ini terkait dengan kebiasaan pemakaman. Juga hindari menaruh sumpit dengan menyilang.

Selamat mencoba!*(Penulis: Tasya Fadila/Fimela.com)

Leave a Response