Kesehatan

Cara Mengaplikasikan Lidah Buaya Agar Rambut Tetap Kuat dan Berkilau

172views

LIDAH buaya dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti luka, jerawat, dan luka bakar. Tidak hanya mampu mengobati penyakit, lidah buaya juga dapat memberikan banyak manfaat untuk rambut, karena memiliki kandungan vitamin A, C, E, B12, dan Kolin.

Melansir medicalnewstoday.com, sebuah asosiasi independen untuk para profesional yang terlibat dalam studi perawatan rambut dan kulit kepala mengatakan, bahwa tingkat rata-rata pertumbuhan rambut manusia adalah 1 sentimeter per bulannya. Oleh sebab itu, lidah buaya dipercaya dapat memicu pertumbuhan rambut, karena memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan rambut serta menjaga rambut tetap kuat.

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Lidah buaya merupakan tanaman alami yang dapat tumbuh di iklim panas serta dingin, sehingga tidak heran jika tanaman ini memiliki segudang manfaat seperti:

  • Memperkuat rambut — Dengan kandungan bahan aktif dan mineral yang dimiliki dapat membantu untuk memperkuat rambut. Dalam lidah buaya terdapat asam amino yang kaya akan vitamin A, C, E, dan B12 yang berperan untuk membuat rambut tetap sehat.
  • Mengontrol minyak pada rambut — Selain memperkuat rambut, lidah buaya juga memiliki enzim yang dapat mengontrol dan menghilangkan minyak berlebihan pada rambut, sehingga membuat rambut tetap berkilau.
  • Mengurangi gatal pada kulit kepala- – Dermatitis seboroik merupakan gangguan yang dapat menyebabkan ketombe, kulit merah, dan bercak bersisik pada kulit kepala. Untuk mengobati gangguan ini para peneliti mengungkapkan bahwa lidah buaya secara signifikan dalam mengatasi rasa gatal dan kulit kepala yang bersisik.

Cara mengaplikasikan lidah buaya untuk rambut

  • Melindungi rambut dari kerusakan UV — Sebuah penelitian mengemukakan, bahwa lidah buaya dapat melindungi rambut dan kulit kepala dari paparan radiasi ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari. Paparan sinar UV ini dapat membuat rambut terlihat kusut, kusam, kasar, serta menyebabkan kerusakan pada rambut.
  • Merangsang pertumbuan rambut — Sedari dulu lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut, meski tidak ada bukti ilmiah. Para peneliti percaya, bahwa kandungan aloenin yang merupakan senyawa kimia pada tanaman menjadi faktor utama dalam mendorong pertumbuhan rambut, sehingga, banyak orang yang menggunakan lidah buaya untuk mengobati kerusakan rambut karena khasiat yang dimiliki tanaman ini.

Gunakan sebagai masker rambut

Selain dapat digunakan secara langsung, Anda juga dapat menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut dengan mencampurkan gel tersebut pada madu, minyak kelapa, greek yogurt, atau jojoba oil. Ambil gel lidah buaya, campurkan pada salah satu bahan Oleskan secara perlahan pada rambut dan pijatDiamkan selama 15 menit sampai 1 jam, kemudian bilas dengan sampo. Gunakan 1 – 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk Anda yang ingin merasakan manfaat dari lidah buaya, dapat mengaplikasinya pada rambut dengan mengikut cara berikut:

  • Pilihlah lidah buaya yang memiliki warna hijau tua dan tebal
  • Cuci bersih lidah buaya
  • Potong dan kupas kulit lidah buaya menjadi beberapa bagian
  • Ambil atau kumpulkan gel bening pada lidah buaya
  • Kemudian, Anda dapat langsung mengoleskan secara perlahan pada rambut dan kulit kepala
  • Diamkan selama satu jam, kemudian bilas dengan sampo
  • Ulangi proses 2 – 3 kali seminggu sesuai kebutuhan.

Selamat mencoba!*(Penulis: Angela Marici/  Sumber: Fimela.com)

Leave a Response