Kesehatan

Cara Makan Malam Agar Tak Bikin Gemuk dan Beratnya Ideal

243views

KEGEMUKAN atau bertambahnya berat badan sering kali membuat kita merasa cemas, panik dan stres. Padahal nih ya, kecemasan yang berlebih akibat kenaikan berat badan justru membuat kita semakin berisiko mengalami kenaikan berat badan yang lebih parah. Mengenai kenaikan berat badan, banyak yang mengatakan jika makan malam adalah penyebab utama dari kegemukan. Apakah benar demikian?

Mengutip dari laman liputan6.com, studi menemukan jika makan malam sebenarnya tidak bikin gemuk. Makan malam adalah aktivitas yang tetap saja aman untuk dilakukan. Ini juga bisa menjaga berat badan tetap ideal. Dengan catatan ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Kalori yang Dikonsumsi Menentukan Kenaikan Berat Badan

Menurut Registered Dietitian Nutrisionist (RDN) sekaligus Personalized Diet Coach SLIM+, Clarissa Stella Paimanta, bukan makan malam yang bikin berat badan seseorang bertambah. Kenaikan berat badan disebabkan oleh jumlah kalori yang dikonsumsi. Konsumsi kalori dengan jumlah berlebih bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Namun jika kalori yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh, ini tetap aman.

“Jadi, untuk makan malam sebenarnya masih boleh. Yang memengaruhi berat badan adalah jumlah kalori yang dikonsumsi per hari,” kata Clarissa. Menurutnya, makan malam tetap boleh dilakukan selama jumlah kalori pada makanan tidak berlebihan. “Jadi, sebenarnya makan malam enggak apa-apa, yang penting porsinya terkontrol, makanannya juga bergizi,” tambahnya.

Bijak dalam Memilih Makanan untuk Makan Malam 

Para ahli menyarankan agar kita lebih bijak dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi sebagai menu makan malam. Beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat malam adalah makanan yang rendah lemak, rendah gula dan rendah kolesterol. Buah, sayur, susu, ikan dan yogurt bisa jadi pilihan sebagai makan malam.  Hindari mengonsumsi nasi, makanan manis, camilan mengandung garam berlebih dan junk food untuk makan malam. Aneka makanan ini mengandung jumlah kalori yang berlebih sehingga sebaiknya dihindari.

Selain lebih bijak dalam memilih makanan, sebaiknya kita juga lebih bijak dalam menentukan waktu makan. Usahakan untuk makan malam satu atau dua jam sebelum tidur. Selain bisa membantu berat badan tetap ideal, ini juga membantu kita terhindar dari risiko masalah pencernaan seperti maag, asam lambung atau gerd. Semoga informasi ini bermanfaat.(Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Leave a Response